JUMLAH TAHANAN ADMINISTRATIF PALESTINA TERTINGGI SEJAK 2008

(Foto: moheet.com)
Kondisi Tawanan di penjara-penjara . (Foto: moheet.com)

Al-Quds, 4 Dzulhijjah 1435/28 September 2014 (MINA) – Hingga kini terdapat sejumlah 540 warga Palestina yang masih ditahan dalam kebijakan penahanan administratif, jumlah tersebut tertinggi sejak 2008, sebuah kelompok hak asasi Palestina melaporkan.

Pusat Studi Tahanan Palestina, Ahrar mengatakan, puluhan tahanan telah dipindahkan ke penahanan administratif selama tiga pekan terakhir, sementara penahanan 70 tahanan administratif lainnya telah diperpanjang.

Seorang juru bicara kelompok itu, Riyad al-Ashqar mengatakan, bahwa Israel telah menggunakan kebijakan penahanan ratusan warga Palestina yang ditahan sejak pertengahan Juni dalam kampanye penangkapan skala besar di Tepi Barat.

Pada tahun 2008 lalu, terdapat 800 warga Palestina yang ditahan di bawah kebijakan itu, Ma’an News melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Al-Ashqar mengatakan, Israel bertujuan untuk mengasingkan selama mungkin sebagian banyak pemimpin dan pemuda Palestina dari masyarakat.

“Semua kebijakan penahanan administratif membutuhkan satu kata dan itu adalah ‘rahasia’,” tambahnya.

Pada Juni lalu, Israel menaikkan dua kali lipat jumlah penahanan administratif dalam 10 hari pertama kampanye penangkapan menyusul hilangnya tiga pemuda Israel.

Kebijakan penahanan administratif, yang kembali kepada periode mandat Inggris, memungkinkan Israel untuk menahan tawanan Palestina tanpa batas dan tanpa pengadilan atas dasar informasi rahasia.

Militer Israel segera mengeluarkan lebih dari 100 perintah penahanan administratif selama penangkapan kampanye diluncurkan massal pertengahan September lalu.

Sebagian besar perintah, berlangsung antara tiga sampai enam bulan, yang dikeluarkan oleh seorang hakim di Pengadilan Militer Israel ‘berlebihan’ dengan rekomendasi dari Shin Bet Israel, di mana mayoritas tahanan yang berafiliasi dengan Hamas dan Jihad Islam.

Semua warga Palestina yang dijatuhi hukuman ditahan sebagai bagian dari operasi massal pasukan Israel di Tepi Barat yang telah menangkap 471 warga Palestina, termasuk 11 anggota parlemen, melakukan lebih dari 400 serangan yang ditargetkan pada rumah dan organisasi masyarakat sipil.

“Sejak hilangnya pemukim Israel kita lihat bentuk nyata dari hukuman kolektif, tidak hanya dalam penangkapan, tetapi dengan serangan, pembunuhan, luka, dan sebagainya,” kata Gavan Kelly, koordinator advokasi internasional Addameer kepada Ma’an News.

Israel menggunakan dalih hilangnya tiga pemuda ilegal Yahudi sebagai alasan untuk menghancurkan Hamas, Kelly mengatakan, mencatat waktu operasi skala besar hanya beberapa pekan setelah pemerintah persatuan Palestina diumumkan dan diharapkan beberapa bulan sebelum pemilu Palestina berlangsung.

“Ketika Anda mempertimbangkan segala sesuatu yang terjadi, bagi Israel untuk mengatakan bahwa penangkapan terkait dengan pemukim (Israel) yang hilang adalah omong kosong,” tambahnya.

Aksi

Sejak  24 April 2014, sekitar 125 tahanan Palestina telah menolak makanan sebagai bagian dari aksi mogok makan terpanjang dalam sejarah Palestina terhadap kebijakan Israel menghukum warga Palestina yang ditahan tanpa batas waktu dan tanpa tuduhan atau pengadilan.

Aksi mogok makan para tahanan Palestina telah menimbulkan tantangan konstan selama dua tahun terakhir untuk kebijakan penahanan tanpa pengadilan Israel.

Lebih dari 50 tahanan Palestina yang dibebaskan dalam kesepakatan pertukaran tawanan dengan seorang tentara Israel yang berhasil ditangkap Gilad Shalit pada 2011 lalu telah ditangkap ulang dalam kampanye saat ini dan tujuh dari mereka telah dibatalkan pembebasannya, berarti hukuman jangka panjang mereka sebelumnya bisa diberlakukan kembali akhir pekan ini.

Perintah Militer 186, yang diperkenalkan pada tahun 2009, memungkinkan komite militer Israel untuk menghukum tahanan yang dibebaskan dalam penawaran tukar tawanan berdasarkan bukti rahasia, yang kemungkinan akan digunakan terhadap mereka yang ditahan kembali dalam kampanye saat ini.

Kelly mengatakan Israel menggunakan penahanan administratif sebagai “satu-satunya pilihan” dalam kampanye penahanan berlangsung dalam terang “tidak ada bukti apa pun” dalam pengisian tahanan untuk kejahatan.

“Ini (kampanye penangkapan saat ini) hanya membuktikan bahwa Israel berencana untuk melakukan aksi lama dengan memperkenalkan Pasal 186,” tambah Kelly.

Organisasi Hak Asasi Manusia Urusan Tahanan Palestina, AdDameer, melaporkan total tawanan warga Palestina yang kini berada di penjara-penjara penjajah Israel berjumlah lebih dari 5.300 tawanan, termasuk 17 perempuan dan 196 anak-anak; sekitar 476 tahanan telah dihukum setidaknya satu kali seumur hidup. (T/R05/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0