Jurnalis, Relawan Nakes Lakukan Cek Kesehatan Penyintas Gempa Cianjur

Cianjur, MINA – Untuk menjaga kesehatan para korban gempa bumi di Cianjur Jawa Barat di pengungsian,  Filantropi Indonesia (Jufi) berkolaborasi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ketua Umum JUFI, Wiyanto mengatakan, paska gempa menimpa warga Cianjur, Jufi dan relawan paramedis melakukan pemeriksaan kesehatan di sejumlah titik tenda darurat.

“Dari mulai hari  Senin-Selasa (28-29/11), tim tenaga kesehatan telah melakukan pemeriksaan 250 sampai 300 orang,” kata Wiyanto dalam siaran pers, Rabu (30/11).

Adapun jangkauan wilayah pemeriksaan kesehatan: Bojong Sawah, Cijoho, Buni Hegar, Cipayung, Ciseupan, dan Kampung Cisalak.

“Kami berharap dapat berkunjung ke daerah-daerah yang belum tersentuh pemeriksaan kesehatan. Mudah-mudahan obat-obatan tercukupi,” imbuh Wiyanto.

Sementara Relawan tenaga kesehatan Siti Minnur mengatakan, cek kesehatan untuk korban gempa perlu dilakukan secara rutin.

“Mengingat gempa susulan masih terjadi, dan penyintas masih tinggal di tenda-tenda darurat. Tentu mereka rentan terserang gangguan kesehatan,” ujar Minnur.

Menurutnya, dari hasil cek pemeriksaan kesehatan, warga mengalami keluhan hipertensi, batuk, pilek, flu alergi, dan diare.

“Mereka kurang tidur, ditambah akhir-akhir ini di Cianjur sering hujan,” kata Minnur. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.