Kabinet Israel Bahas Dana Qatar Masuk Gaza

Ilustrasi: Warga Palestina menerima bantuan keuangan dari Qatar di sebuah kantor pos di Kota Gaza, pada 27 November 2019. (Hassan Jedi/Flash90)

Yerusalem, MINA – Para menteri di kabinet keamanan tingkat tinggi Israel akan dipresentasikan proposal baru pada Ahad (12/7), yang akan memungkinkan masuk ke yang dikuasai Hamas. Channel 12 melaporkan Sabtu.

Rencana tersebut, yang bertujuan memungkinkan bantuan mencapai Gaza tanpa memperkaya kelompok Hamas, dilaporkan menyerukan Qatar untuk mengirim AS$30 juta ke Jalur Gaza setiap bulan.

Dari jumlah itu, AS$10 juta akan ditransfer melalui PBB dan digunakan untuk pembelian bahan bakar; AS$ 10 juta lainnya akan digunakan untuk bantuan bagi keluarga melalui Bank Pos Gaza (setelah menegaskan bahwa keluarga tersebut tidak memiliki hubungan dengan kelompok perlawanan); dan AS$10 juta terakhir akan dimasukkan ke dalam program cash-for-work.

Laporan itu tidak menjelaskan bagaimana Israel akan memastikan bahwa tidak ada uang yang digunakan untuk tujuan pejuang.

Proposal itu disatukan dalam koordinasi dengan Mesir, menurut jaringan tersebut. Kairo telah menengahi pembicaraan gencatan senjata jangka panjang antara Israel dan Hamas setelah 11 hari pertempuran pada bulan Mei antara militer Israel dan pejuang Palestina di Gaza. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.