Kajian Kitab Masjidil Aqsha: Memuliakan Negeri Para Rasul

Demak, MINA – Kajian Kitab “Masjidil Aqsha Tanggung Jawab Seluruh Umat Islam” di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Kalitengah, Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Ahad sore (17/4) menekankan pembelaan terhadap dan Palestina merupakan pemuliaan terhadap negeri para Rasul utusan Allah.

“Masjidil Aqsa dan sekitarnya adalah negeri yang Allah berkahi, dengan banyaknya para Rasul yang berdakwah dan berjuang di sana,” ujar Ali Farkhan Tsani, penulis buku tersebut, dalam rangkaian Aqsa Workng Group () ke Wilayah Jawa Tengah. Buku setebal 346 halaman disusun bersama Imaam Yakhsyallah Mansur, yang diterbitkan oleh Yayasan AWG, Maret 2022.

Ali Farkhan menjelaskan, para nabi mulai dari Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq, Nabi Ya’qub, Nabi Dawud, Nabi Sulaiman, Nabi Isa, mereka semua para penyeru agama Islam, lahir dan menyampaikan risalah kenabiannya di kawasan tesebut.

Ikatan para Rasul tersebut diperkuat dengan peristiwa Isra Mi’raj yang dialami Nabi terakhir, Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kata Ali yang juga Redaktur Senior Kantor Berita MINA.

“Kini saat kesucian Masjidil Aqsa dan negeri para Rasul itu dinodai oleh pendudukan Zionis, maka tidak ada lain kita sebagai umat Islam di manapun berada wajib bergerak berjamaah untuk membela dan mempertahankannya dengan berbagai cara dan upaya,” ujar Duta Al-Quds Internasional, alumni Mu’assasah Al-Quds Ad-Dauliyah Yaman tersebut.

Ia menambahkan, mengambil hikmah dari sabda Nabi kepada sahabat muslimah, Maimunah Radhiyallahu ‘Anha, “Berikanlah minyak untuk penerangannya (Masjidil Aqsa). Barangsiapa memberikannya, maka seolah ia telah mendatanginya”. Dalam arti luas, memberikan solidaritas, dukungan moral, donasi finansial, bantuan makanan dan keperlua lainnya, serta doa, imbuhnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Presidium AWG, M. Anshorullah Saefuddin, mengatakan lembaganya terus-menerus memberikan perhatian dan kepeduliannya terhadap Masjidil Aqsa dan Palestina. Di antaranya melalui sosialisasi ke wilayah-wilayah dalam agenda Safari Ramadhan.

Lembaga AWG juga menyalurkan titipan donasi dari umat untuk dikirimkan langsung melalui Biro AWG di Jalur Gaza, imbuhnya.

Kepada para santri ia juga berharap ada di antara mereka yang dapat melanjutkan studi kuliahnya di Universitas Islam Gaza. “Kami insya-Allah akan memfasiltasi hal ini,” lanjutnya. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.