Kakak Beradik Siswa Madrasah Raih Medali Emas Asian Robotic Championship

Kuala Lumpur, 21 Syawal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – Siswa kembali mengukir prestasi dalam ajang lomba robotik tingkat Asia. Pasangan kakak beradik tim robotic Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil meraih Gold Prize dalam kategori Super Maze Solving pada Asian Robotic Championship di Kuala Lumpur Malaysia.

Mereka berdua adalah Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha/9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave/6). Ibu kedua siswa ini, Himatul Laily Waisnain menjelaskan, putera dan puterinya juga meraih Special Award untuk ketegori Brick Speed dan Special Award untuk Rero.

“Jadi mereka berdua mendapat juara umum kedua dalam ajang itu. Alhamdulillah, usaha kami dari Jakarta terbayar,” ujarnya, Selasa (26/7). Demikian laporan laman resmi Kemeng yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam ajang itu, puteranya juga mendapat peserta favorit karena menjadi peserta termuda.

Menurutnya, lomba ini terbuka (open kategori) bagi peserta dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Mereka ini muda sekali karena usia masih di bawah 10 tahun. Peserta lainnya ada dari mahasiswa,” tukasnya.

Laily menambahkan, project robot creative yang diusung putra putrinya dalam lomba kali ini adalah “crane otomatis control remote”. Robot jenis ini mampu membantu memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia.

Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang dan mampu mengurangi kecelakaan kerja. “Semua terkontrol dengan remot jarak jauh,” terangnya.

Sebelumnya, dua kakak beradik ini juga berhasil meraih prestasi dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang digelar di Singapura. Mereka meraih Gold Prize Medal Brick Speed, Gold Prize Medal, Silver Prize Medals Maze Solving Junior, dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior dalam ajang yang diselenggarakan di negeri singa itu pada awal tahun ini.

Selain prestasi individual, tim robotic MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga meraih Bronze Medal dalam ketegori Creative Roboticpada ajang yang diselenggarakan 23 24 Juli lalu di Komplek Pusat Pendidikan Al-Amin Kuala Lumpur. (T/P006/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)