Kaleidoskop 2020: Sederet Penghargaan yang Berhasil Diraih Pemprov DKI Jakarta

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup sulit, akibat Pandemi Covid-19 melanda berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Dampaknya tidak hanya pada kesehatan, tapi juga hampir pada setiap lini, baik perekonomian, pelayanan publik, pendidikan, di mana kegiatan belajar terpaksa dilakukan secara daring, bekerja yang dilakukan dari rumah. Sejumlah negara bahkan memberlakukan penguncian (lockdown). Pergerakan dan kegiatan sosial kita dibatasi guna mencegah penularan Covid-19 ini.

Namun, di tengah berbagai pembatasan itu Gubernur DKI Jakarta dan jajarannya   bersama seluruh elemen kota yang turut berpartisipasi dalam berbagai program yang ada, justru berhasil meraih berbagai apresiasi dan penghargaan.

“Selamat dan apresiasi kepada seluruh jajaran , walau di masa pandemi terus menghadirkan terobosan-terobosan baru untuk memberikan manfaat lebih luas lagi bagi kesejahteraan warga DKI Jakarta,” ujar Anies dalam setiap kesempatan penerimaan penghargaan yang berhasil diraih DKI Jakarta.

Berikut MINA merangkum sederet prestasi yang berhasil diraih oleh Pemprov DKI Jakarta sepanjang tahun 2020 :

14 Januari

DKI Jakarta menerima penghargaan Honorable Mention dari Komite Sustainable Award (STA) di ajang Sustainable Transport Award 2020 yang berlangsung di Walter E. Washington Convention Center, Washington DC.

Penghargaan ini diberikan atas usaha Pemprov DKI Jakarta mengembangkan sistem BRT, Transjakarta, serta keberhasilan dalam menaikkan jumlah penumpang hingga 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun.

16 Januari

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menerima piagam penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI atas kontribusi Pemprov DKI Jakarta dalam pengembangan pendidikan agama dan keagamaan di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

21 April

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta memenangkan sembilan kategori penghargaan dalam anugerah Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2020.

26 Juni

Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta mendapat Penghargaan Program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (Program P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia.

2 September

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan sebagai pembina BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) terbaik pada Top BUMD Award 2020.

26 Oktober

DKI Jakarta berhasil memenangkan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik yang terus dikembangkan. Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota – kota besar dunia, setelah pada tahun lalu menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar ‘Honorable Mention‘.

18 November

Pemprov DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan di ajang Indonesia Government Procurement Award 2020 pada kategori Inovasi Pengadaan yang Mendukung Transparansi Belanja Pengadaan. Ajang ini diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) RI.

20 November

Kafilah DKI Jakarta meraih Juara Umum ke-2 MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020 yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat.

25 November

Keterbukaan informasi atas perkembangan kasus Covid-19 di Ibu Kota menjadi salah satu inovasi yang mengantarkan Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah Berkualifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia. Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan tersebut tiga kali berturut-turut, setelah memenangkannya pada tahun 2018 dan 2019.

26 November

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan milik Pemprov DKI Jakarta yang memiliki inovasi Bunga Tanjung berhasil menempati Top 45 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

26 November

Pemprov DKI Jakarta menjadi Pemenang Anugerah Humas Indonesia Kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler dan Anugerah Kategori Gubernur Terpopuler di Media Digital 2020.

27 November

Pemprov DKI Jakarta meraih dua penghargaan dalam Bhumandala Award Tahun 2020, yaitu Bhumandala Kanaka Simpul Terbaik dan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik kategori Provinsi dari Badan Informasi Geospasial (BIG) RI.

4 Desember

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Gubernur Tokyo Yuriko Koike terpilih sebagai Wakil Ketua Komite Pengarah C40 Cities di London, Inggris.

C40 Cities adalah sebuah badan yang memberikan arahan strategis untuk jaringan global dari 97 kota besar dunia yang berkomitmen untuk mengatasi krisis iklim.

14 Desember

DKI Jakarta ditetapkan sebagai Pemerintah Provinsi yang membina dan membangun sebagian besar atau seluruh Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Tidak hanya itu, Lima Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta juga dinobatkan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

19 Desember

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  bersama Provinsi-provinsi Jawa Tengah, Banten, Sumatera Selatan dan Lampung,  meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

23 Desember

Pemprov DKI Jakarta memenangkan penghargaan untuk tiga kategori, yaitu Top Digital Implementation 2020 on Province Government Level Stars 5, Top Digital Transformation Readiness 2020 dan Top Leader on Digital Implementation 2020.

28 Desember

Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan predikat “sangat tinggi” pada tahun 2020, yaitu mencapai 80,77. Angka tersebut melebihi rata-rata nasional yaitu 71,94 dan menduduki ranking tertinggi di Indonesia. L/R7/P1)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.