Kapal Induk Angkatan Laut AS Masuki Laut China Selatan

Washington, MINA – Sebuah kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan telah memasuki Laut China Selatan sebagai bagian dari misi rutin, kata Angkatan Laut AS.

Pergerakan itu terjadi pada saat ketegangan meningkat antara Washington dan Beijing, yang mengklaim sebagian besar jalur air yang disengketakan.

Kapal induk itu didampingi oleh kapal penjelajah berpeluru kendali USS Shiloh dan kapal perusak berpeluru kendali USS Halsey, kata Angkatan Laut AS, Selasa (15/6).

China sering keberatan dengan misi militer AS di Laut China Selatan, dengan mengatakan, mereka tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

Misi terbaru datang setelah China mengutuk negara-negara Kelompok Tujuh (G7) atas pernyataan yang mengkritik Beijing atas berbagai masalah.

“Sementara di Laut China Selatan, kelompok penyerang melakukan operasi keamanan maritim, yang meliputi operasi penerbangan dengan pesawat sayap tetap dan putar, latihan serangan maritim, dan pelatihan taktis terkoordinasi antara unit permukaan dan udara,” kata Angkatan Laut AS.

“Operasi kapal induk di Laut China Selatan adalah bagian dari kehadiran rutin Angkatan Laut AS di Indo-Pasifik.”

China telah meningkatkan kehadiran militernya di Laut China Selatan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk membangun pulau buatan dan pangkalan udara, di mana China telah memasang sistem rudal dan peralatan lainnya.

telah menjadi salah satu dari banyak titik ketegangan dalam hubungan yang sulit antara China dan AS, dengan Washington menolak apa yang disebutnya klaim teritorial yang melanggar hukum oleh Beijing di perairan yang kaya sumber daya, yang juga diklaim oleh Taiwan, Filipina, Vietnam, Brunei dan Malaysia.

Dalam unjuk kekuatan melawan klaim China, kapal perang AS telah melewati Laut China Selatan dengan frekuensi yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menyerukan kebebasan hak navigasi. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.