Kapal Perang Israel Kembali Serang Nelayan Gaza

Nelayan Palestina di lepas pantai Gaza. (Photo: Istimewa)

Gaza, MINA – Tentara pendudukan Israel pada Ahad pagi (1/1) menyerang para nelayan Palestina dan perahu mereka di lepas pantai utara Jalur Gaza yang diduduki.

Menurut sindikat nelayan, seperti dilaporkan PIC, kapal perang Israel beberapa kali melepaskan tembakan senapan mesin ke kapal penangkap ikan nelayan Palestina selama kehadirannya dalam jarak beberapa mil laut lepas pantai daerah As-Sudaniya di Gaza utara.

Menurut laporan itu, tidak ada yang terluka dalam serangan tersebut, namun peristiwa itu mengharuskan para nelayan Palestina untuk berhenti dan kembali ke darat.

Angkatan laut Israel dan kapal perang mereka berada di sekitar hampir setiap hari, mengganggu mereka, menembaki mereka, merusak kapal mereka, atau melakukan penangkapan. Terkadang ada nelayan yang terluka atau terbunuh selama serangan tembakan.

Di bawah perjanjian Oslo tahun 1993, nelayan Palestina diizinkan menangkap ikan hingga 20 mil laut di , tetapi sejak saat itu Israel terus mengurangi area penangkapan ikan secara bertahap hingga batas antara enam hingga tiga mil laut sebagai bagian dari blokade di Gaza. .

Nelayan dan kelompok hak asasi manusia juga mengatakan bahwa sejak perang 2008-2009 di Gaza, tentara Israel secara teratur menegakkan batas yang bahkan lebih dekat ke pantai. (T/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.