Kapolda Lampung Pantau Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Lampung Selatan, MINA – Irjen Pol Hendro Sugiatno memantau situasi arus balik di , Lampung Selatan, yang akan kembali  ke Pulau Jawa.

Ia menghimbau masyarakat yang hendak melaksanakan perjalanan kembali ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan agar menyiapkan tiket kapal yang dibeli dari berbagai gerai yang ada, sebelum memasuki pelabuhan.Demikian rilis yang diterima MINA, Selasa (3/5).

“Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kepadatan atau penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke pulau jawa pada arus balik,” ungkapnya.

Kapolda juga mengharapkan masyarakat agar pulang lebih awal agar tidak ada kepadatan atau penumpukan di pelabuhan, serta masyarakat diminta untuk memeriksakan kesiapan kendaraan serta fisik masing-masing penumpang.

“Kesiapan fisik para pemudik juga hal yang penting, jika lelah silahkan langsung beristirahat, jika terdapat kendala segera menghubungi petugas melalui layanan call center 110 ataupun mendatangi petugas di pos-pos yang telah di bangun,” ujarnya.

Dalam peninjauannya, Kapolda  juga melakukan pengecekan situasi pos tarpadu yang juga ada di Bakuheni guna memastikan pemudik dapat terlayani dengan baik di Pelabuhan Bakauheni.

Pada pengecekan tersebut, Kapolda mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati selama dalam perjalanan saat melaksanakan mudik.

Ia mengimbau pemudik agar segera melapor baik ke kantor polisi terdekat, pos yang ada di JTTS, Jalinsum, dan lainnya jika melihat atau ada yang mencurigakan para pelaku kejahatan.

“Bagi masyarakat yang ingin beristirahat silahkan beristirahat di pos-pos yang telah kita bangun baik kepolisian, TNI, maupun pos dari instansi lainnya,” pesan Kapolda.

Sementara untuk sepeda motor, pihaknya tetap melakukan pengawalan bagi pengendara yang melakukan perjalanan malam, satuan patroli dari Direktorat Lalu Lintas maupun Samapta siap mengawal para pengendara. Dari perbatasan Wilayah Kabupaten Mesuji Lampung hingga menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

“Kita tetap memberikan atensi besar kepada pengendara roda dua yang hendak kembali ke pulau jawa dengan menggunakan sepeda motor pada malam hari, kita kawal sampai sini (Bakauheni), serta menyiapkan dermaga khusus untuk keseluruhan pemotor itu jika volumenya banyak di dermaga 5,” ungkapnya.

Dalam skema rapat pengaturan arus balik di Provinsi Lampung tahun 2022 ini juga, stakeholder bersepakat untuk melayani secara penuh dengan penuh kemanusiaan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan, agar terasa nyaman, aman dan tentu saja sehat sampai tujuan.

Diketahui juga dalam rapat tersebut terdapat penambahan dermaga dan kapal yang berada di dua lokasi berbeda selain Pelabuhan Bakuheni Lampung Selatan, yakni yang berada di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung serta dermaga BBJ. (R/Fnm/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.