KBRI Kuala Lumpur: Jenazah Prof Azyumardi Dipulangkan ke Indonesia Senin Malam

Kuala Lumpur, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur memastikan pemulangan jenazah dari Malaysia menuju Indonesia dilakukan pada Senin (19/9) malam.

“Kepulangan jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra telah dapat dipastikan untuk diberangkatkan dari Kuala Lumpur menuju Jakarta pada tanggal 19 September 2022 malam hari,” bunyi pernyataan Lumpur dalam keterangan persnya.

KBRI Kuala Lumpur juga telah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan bagi pengiriman jenazah.

Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, akan mendampingi isteri dan anak almarhum.

Dubes Hermono setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang akan langsung melakukan serah terima jenazah almarhum kepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI.

Untuk selanjutnya, jenazah rencananya akan dibawa ke rumah duka, disholatkan di Masjid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan sebelum dimakamkan keesokan harinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada saat kepulangan dari Kuala Lumpur, pemerintah Malaysia telah mengutus pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri Malaysia untuk menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh yang dikenal luas tidak hanya di Indonesia namun juga pada masyarakat Malaysia.

KBRI Kuala Lumpur juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI untuk menerima dan mengurus ketibaan jenazah hingga diserahkan kepada pihak keluarga.

Hermono menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati dan dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran proses pemulangan jenazah almarhum kembali ke tanah air.

Prof Azyumardi Azra wafat pada Ahad (18/9) pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Selama perawatan KBRI telah melakukan pendampingan kepada almarhum serta memfasilitasi kedatangan dan kunjungan keluarga almarhum hingga proses kepulangan jenazah ke Indonesia. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.