KBRI Lima Ajarkan Siswa SMP di Peru Bahasa Indonesia

Siswi SMP di Peru antusias belajar bahasa Indonesia (foto: KBRI Lima)

Lima, MINA – Dalam upaya memperkenalkan serta mempromosikan di Peru, Amerika Selatan, bekerjasama dengan Pemerintah Kota Lima, menghadirkan kelas Bahasa Indonesia di sekolah lanjutan khusus putri ternama di Peru, Colegio Juan Alarco de Danmert.

Menurut keterangan tertulis KBRI Lima, Selasa (30/4), untuk menghadirkan suasana Indonesia di kelas, pembelajaran diawali dengan pemutaran video tentang kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya Bali.

Dari video tersebut, para siswa diperkenalkan dengan kebiasaan sehari-hari masyarakat Bali antara lain, sembahyang di Pura, mengelola pariwisata, hingga kesenian dan budaya Bali.

Pembelajaran berlangsung pada pukul 09.00 pagi – 01.00 siang, dan diikuti oleh 34 orang siswi yang dikemas dalam bentuk lagu dan diskusi kelompok.

Siswi tersebut dikelompokkan kedalam 3 grup dengan nama Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Setelah diskusi kelompok, para siswa mempresentasikan tentang pandangan mereka tentang Indonesia sambil memperkenalkan diri dalam Bahasa Indonesia.

Beberapa hal yang disampaikan antara lain keindahan alam Indonesia, beragam budaya, keramahtamahan penduduk, iklim di Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Para siswi juga berkesempatan untuk mengenal baju tradisional masing-masing kelompok (Jawa, Kalimantan dan Sulawesi).

Partisipasi aktif siswi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan selama pembelajaran. Hal-hal yang menarik perhatian siswi antara lain, beberapa perbedaan alfabet yang digunakan dalam bahasa Spanyol dan bahasa Indonesia.

Dubes RI Lima, Marina Estella Anway Bey dalam sambutannya berharap, dengan adanya program ini semakin banyak masyarakat Peru yang mengenal Indonesia, mengingat kedua negara telah menjalin hubungan diplomatik sejak tahun 1975. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.