Keberkahan Membawa Ketenangan Hidup (Oleh: Dr. Tgk. H. Teuku Chalidin, Australia)

Oleh: Dr. Tgk. H. Teuku Chalidin Yacob, MA., JP.; Pendiri Ashabul Kahfi Islamic Centre Sydney,

Setiap muslim pasti akan mendambakan kehidupan yang penuh dengan keberkahan. Hidup yang penuh berkah akan mendatangkan ketenangan, dengan limpahan kebaikan dan selalu mendapat petunjuk Allah Subhanahu Wa Ta’ala sehingga berada di jalan yang diridhai-Nya.

Keberkahan bukanlah suatu pemberian Allah yang datang begitu saja secara tiba-tiba dengan tanpa sebab diturunkan kepada seseorang. Keberkahan merupakan sesuatu yang senantiasa diminta dan harus diupayakan oleh setiap manusia kepada pemiliknya, Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Di antara sebab hadirnya keberkahan pada diri seseorang adalah dengan selalu mendekat kepada Allah, mendasari hidup dengan keimanan dan ketakwaan dalam semua kegiatan atau usaha dengan mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan-Nya.

โ€ŽKeberkahan mendatangkan ketenangan hidup.โ€Ž Ada kalanya seseorang tidak berkah hidup meski banyak harta dan kekayaan. Ada orang mudah mencari harta, dia kaya-raya, tetapi tidak berkah. Hatinya selalu gelisah, hidup tidak tenang dengan berbagai keluhan. Sementara ada orang yang hidup sederhana seadanya, namun hidupnya tenang merasa cukup apa yang ada. Allah memberinya keberkahan dengan kesehatan, jauh dari sakit dan jauh dari kegelisahan batin.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai kunci utama meraih keberkahan dalam Surat Al-A’raf ayat 96:

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽู‰ูฐ ุขู…ูŽู†ููˆุง ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ูŽูˆู’ุง ู„ูŽููŽุชูŽุญู’ู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูˆูŽู„ูŽูฐูƒูู†ู’ ูƒูŽุฐู‘ูŽุจููˆุง ููŽุฃูŽุฎูŽุฐู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ

Artinya: “Jika sekiranya penduduk suatu negeri itu beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”

Di sini jelas kuncinya, dengan ketakwaan dan beramal saleh serta berikhtiar memperbaiki hubungan dengan Sang Khalik dan semua makhluk-Nya. Jika itu dijalankan, Allah akan memberikan kepada kita kehidupan yang baik.

Namun, jika sebaliknya, seorang muslim hidup jauh dari Allah, tidak bertakwa dan meningkatkan amal saleh, maka keberkahan sangat sulit didapatkan, sehingga mendapatkan penghidupan yang sempit, hati gelisah dan susah setiap saat, meskipun kadang mempunyai banyak harta kekayaan
โ€Ž
Bahkan, Rasulullah menyampaikan ada tiga hal yang akan menimpa umat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di akhir zaman ini, salah satunya dicabutnya keberkahan dalam hidupnya karena kesalahan yang diperbuat.

Rasulullah bersabda, “Akan datang suatu zaman pada umatku nanti yaitu jauh dari ulama dan ahli-ahli fiqih (menghindar dan tidak mau menjalankan syariat), maka Allah akan menurunkan tiga musibah yaitu diangkatnya/dihilangkan keberkahan dalam hidup, akan dipimpin oleh peminpin yang zalim, serta keluar dari dunia ini/meninggal tanpa membawa imanโ€Žโ€Žโ€Ž”.

Inilah tiga musibah yang menyengsarakan umat Islam mulai di dunia hingga akhirat kelak, akibat menghindar dari syariat Allah dan jauh dari ulama atau ahli fiqih.

Salah satu musibah seperti hadirnya pemimpin zalim, itu tidak datang begitu saja, karena peran semua kita juga ada. Artinya, jangan hanya menyalahkan pemimpin zalim yang tidak amanah, tapi kita juga harus memperbaiki diri dan bertobat kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat. Hidupkan kembali amar makruf nahi munkar, maka Allah juga akan memperbaiki hidup kita dengan berbagai kebaikan dan keberkahan.(AK/R01/P1

 

Mi’raj News Agency (MINA)

*Tausyiah ini disampaikan Dr. Tgk. H. Teuku Chalidin saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI) yang dimoderatori Badaruddin S.Pd, M.Pd (โ€ŽKasi Kurikulum Dinas Pendidikan Dayah Aceh) di Rumoh Aceh Kupi Luwak, Jeulingke, Rabu (11/7) malam.

Dr. Tgk. H. Teuku Chalidin Yacob, MA., JP. adalah seorang tokoh masyarakat Muslim dan pendidikan Islam di Australia. Ulama asal Aceh ini pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PB PII) Periode 1986-1989. Saat ini juga menjabat sebagai anggota Dewan Imam Nasional Australia (ANIC) dan Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Australia.

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.