KEGIATAN EKONOMI DI SEPANJANG JALAN ASIA-AFRIKA BANDUNG TERHENTI

KAA2015-Bandung

Warga Bandung yang tinggal sedang berada di Pinggir Jalan Asia-Afrika untuk melihat langsung Kegiatan puncak peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang ke-60 (Foto: Chamid/MINA)
Warga yang tinggal sedang berada di Pinggir Jalan untuk melihat langsung Kegiatan puncak peringatan Konferensi Asia-Afrika () yang ke-60 (Foto: Chamid/MINA)

Bandung, 5 Rajab 1436/24 April 2015 (MINA) – Kegiatan puncak peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang ke-60 di Bandung membuat terhentinya  kegiatan di sepanjang jalan Asia-Afrika di Bandung,  yang menjadi kawasan berbagai kegiatan acara peringatan.

Di jalan ini terdapat Gedung Merdeka di mana acara peringatan HUT ke 60 diadakan, di sini juga tempat berlangsungnya KAA 1955 ; di jalan ini khususnya antara Hotel Savoy Homann dan Gedung Merdeka diadakan acara “Bandung Historical Walk” di mana segenap delegasi dipimpin Kepala Negara / Kepala Pemerintahan berjalan kaki dari Homann ke Gedung Merdeka sebagai napak tilas jalan kaki yang dilakukan 60 tahun lalu tahun 1955 ; kemudian di ujung jalan Asia-Afrika ini juga berlokasi Masjid Agung Bandung, Alun-Alun, tempat delegasi beragama Islam menunaikan sholat Jumat, seperti juga tahun 1955 yang lalu.

“Semua perbankan yang ada di sepanjang jalan Asia-Afrika diliburkan, demikian juga kegiatan perekonomian yang lainnya,” kata Kusmara, Humas Area Bank Mandiri Asia Afrika kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Bandung, Jumaat siang.

Kusmara mengatakan, semua karyawan yang ada di Bank Mandiri libur, hal ini sesuai surat edaran Walikota Bandung, , yang berisi  himbauan cuti bersama  atau kegiatan di luar kantor dalam rangka Peringatan Konferensi Asia-Afrika ke 60 di Bandung.

“Sekitar 300 karyawan libur, namun tidak ada kerugian, sebab semua transaksi perbankan dialihkan ke cabang Mandiri Surapati,” kata Kusmara.

Kusmara juga mengatakan, pihaknya tidak mendapat surat resmi dari Direksi bank Mandiri sendiri, begitu juga pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meliburkan kegiatan perbankan tersebut di cabang itu.

“Kita semua, memaklumi dan menghargai himbauan yang disampaiakan Walikota Bandung, Kita sebagai masyarakat Bandung sangat senang, Bandung bisa menjadi tuan rumah dari acara Konferensi Asia-Afrika ini,” ujar Kusmara.

Menurutnya, perbankan yang libur hanya terjadi di Jalan Asia-Afrika saja, di lokasi lain berjalan normal seperti biasanya. Apalagi ini adalah hajat negara jadi sebagai warga negara Indonesia pihaknya mendukung penuh.

Di sepanjang jalan Asia-Afrika yang memiliki panjang sekitar 1,5 Kilometer terdapat beberapa bank, diantaranya yaitu; bank Mandiri memiliki 5 Cabang, bank BCA  4 Cabang, bank Bukopin, bank Panin, bank BRI memiliki 3 Cabang, bank HSBC, bank  BNI, bank CIMB Niaga memiliki 2 Cabang, bank Pama, bank Syariah Mandiri, bank Bumi putera, bank City Bank, bank Arta Graha, bank Bisnis, dan bank OCBC NISP. (L/P010/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0