Kejahatan Kepada Muslim, Yahudi, Kulit Hitam di Kanada Meningkat Drastis

Ottawa, MINA – Kejahatan di Kanada meningkat tajam pada 2017, dengan sebagian besar ditujukan kepada Muslim, Yahudi dan kulit hitam, menurut laporan yang dirilis Statistik Kanada pada Kamis (29/11).

Laporan itu menunjukkan bahwa tren kejahatan kebencian terhadap ketiga kelompok itu menurun pada 2016.

Insiden yang menargetkan umat Islam meningkat lebih dari dua kali lipat pada 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Polisi Kanada melaporkan 2.073 kejahatan kebencian secara keseluruhan, angka tertinggi sejak data tersebut tersedia pada 2009.

Dua provinsi dengan populasi terbesar, Quebec dan Ontario, juga melaporkan peningkatan terbesar.

Di Ontario ada 1.023 catatan kejahatan, meningkat 67 persen, sementara Quebec melaporkan peningkatan sebesar 50 persen menjadi 489 dari 327.

Laporan itu dirilis seminggu setelah Dewan Nasional (NCCM) mengirim surat kepada pemerintah yang meminta tanggal 29 Januari hari ketika seorang pria bersenjata membunuh enam Muslim dalam serangan di sebuah masjid di Kota Quebec pada 2017 ditetapkan sebagai Hari Nasional Aksi Melawan Kebencian dan Intoleransi.

Surat itu didukung oleh lebih dari 100 organisasi Muslim Kanada serta kelompok masyarakat lainnya.

Direktur Eksekutif NCCM Ihsaan Gardee mengatakan, hari tersebut akan mendorong semua kelompok untuk bersama-sama mengutuk kebencian.

Gardee mengatakan, sebagai upaya memperluas seruan untuk menyatukan berbagai komunitas dalam perjuangan melawan kebencian, pihaknya mengirim pesan kepada siapa saja yang mencoba untuk menimbulkan perpecahan di antara warga Kanada.

“Terlepas dari apakah itu pintu kami atau pintu tetangga kami, ketika kebencian dan intoleransi datang mengetuk, kami akan selalu ada untuk satu sama lain,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Menurut NCCM yang melacak segala laporan anti-Muslim, kebencian memiliki berbagai bentuk, dari coretan tembok hingga panggilan nama dan serangan fisik.

Laporan yang diperoleh organisasi tersebut menunjukkan bahwa dari 1 Januari hingga 21 November 2018, ada 36 laporan kejahatan kebencian terhadap Muslim di Kanada. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.