Kematian Ratusan Burung di Kashmir Picu Kekhawatiran Wabah Flu Burung

, MINA – Kematian ratusan burung yang tidak diketahui penyebabnya di yang diduduki India telah memicu kekhawatiran akan wabah di wilayah Himalaya yang disengketakan itu.

“Sekitar 154 burung ditemukan mati di Udhampur dan lima lainnya di Jammu selama tiga hari terakhir,” kata Petugas Satwa Liar Anil Atri kepada Anadolu Agency.

“Kami telah mengirimkan sampel untuk uji laboratorium guna memverifikasi apakah unggas tersebut terinfeksi dan menunggu hasilnya,” katanya.

India sudah mulai memusnahkan ribuan burung setelah penyakit itu terdeteksi pada bebek, burung gagak, dan angsa liar di beberapa bagian negara itu.

Pada hari Jumat (8/1), Kementerian Perikanan, Peternakan, dan Peternakan India mengonfirmasi wabah flu burung di enam negara bagian India dan mendesak bagian lain untuk tetap waspada.

Sehari sebelumnya, pihak berwenang di Jammu dan Kashmir yang diduduki India melarang impor unggas hingga 14 Januari dan mengatakan “pesanan akan direvisi berdasarkan situasi.”

Semua departemen terkait telah disiagakan dan diperintahkan untuk memantau secara dekat lahan basah yang sering dikunjungi burung migran.

“Tim yang dipimpin oleh para ahli telah dikerahkan untuk memantau situasi. Kami menyarankan semua orang untuk menjauhi unggas mati yang mungkin mereka temui. Tidak boleh ada yang menyentuh bangkai itu,” kata Atri.

Asosiasi Dokter Kashmir juga mendesak masyarakat di wilayah tersebut untuk berhati-hati saat menangani unggas.

“Orang yang menangani atau memusnahkan unggas harus ekstra hati-hati dan mengambil tindakan seperti memakai alat pelindung diri,” kata Dr. Suhail Naik, ketua Asosiasi. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.