Kemenag Akan Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2016

Jakarta, 17 Muharram 1438/18 Oktober 2016 (MINA) – Kementerian Agama () melalui Direktorat Pendidikan Ditjen Pendidikan Islam akan kembali menyelenggarakan Festival dan Kompetisi Madrasah.

Sukses dengan gelaran perdana pada 2015 lalu, Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah kedua ini rencananya akan dihelat pada 30 – 31 Oktober 2016 di Mall of Indonesia Jakarta Utara, demikian siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa festival ini diselenggarakan untuk memberikan wadah bagi para siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika.

Menurut Nur Kholis, kompetisi ini juga bermanfaat dalam melatih motorik siswa, kreativitas, merangsang logika berpikir, meningkatkan kemampuan anak dalam menguasai teknologi dan bekerja secara tim.

Dari situ, kata Nur Kholis, diharapkan akan terlahir siswa madrasah yang dapat menjadi inovator robotika yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

“Kita tahu bahwa lembaga-lembaga lain saja bisa menyelenggarakan kompetisi robotik dan pemanangnya adalah siswa-siswi kita, masak kita tidak bisa menyelenggarakan sendiri. Kompetisi ini adalah wujud kepedulian kita pada potensi-potensi robotika yang dimiliki siswa-siswi madrasah,” ujarnya.

Nur Kholis menegaskan bahwa kompetisi ini sengaja diselenggarakan di Mall untuk membangun imej bahwa madrasah sudah mulai naik kelas, tidak ndeso lagi, sudah gaul, sudah merambah ke kelas menengah ke atas.

Dalam tiga tahun terakhir, cukup banyak prestasi yang diukir siswa madrasah di bidang robotika, baik tingkat nasional maupun internasional. Beberapa madrasah yang bisa disebut terkait prestasi siswanya dalam bidang ini antara lain: MTsN Pamulang, Madrasah Pembangunan, MAN 4 Jakarta, MAN 3 Tangerang, MAN 3 Palembang, dan lainnya. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)