Kemenag Gelar Festival Literasi Zakat, Wakaf 2021

Jakarta, MINA – Direktorat Pemberdayaan Zakat Wakaf Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama RI kembali menggelar acara ‘Festival Literasi Zakat Wakaf 2021’.

Festival ini akan dilaksanakan selama bulan Agustus hingga November 2021, yang diawali dengan acara Press Conference pada Selasa, 31 Agsutus 2021.

“Semangat atau tagline yang dibawa pada festival literasi zakat wakaf tahun ini adalah zakat dan wakaf membangun ekonomi umat,” ujar Dirjen Bimas Islam, Kamarudin Amin di Jakarta, Selasa (31/8).

Kamarudin mengatakan, festival ini bertujuan untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat terhadap zakat dan wakaf.

“Dengan adanya program festival literasi zakat wakaf, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi mengenani zakat dan wakaf yang lebih komprehensif, sehingga dapat meningkatkan pasrtisipasi masyarakat dalam berzakat dan berwakaf,” kata Kamarudin.

Selain itu, Kamarudin juga berharap, dengan adanya program ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi antara Kementerian Agama dengan stakeholder zakat dan wakaf, serta kolaborasi dan sinergi program-program edukasi dan literasi zakat wakaf.

Ia menyampaikan, festival tahun ini terbagi menjadi dua fase, yaitu fase awareness dan fase festival.

Fase awareness ditujukan untuk memberikan pemahaman awal mengenai zakat dan wakaf serta memperkenalkan tujuan diadakannya event ini.

Sedangkan fase festival, merupakan rangkaian acara utama yang terdiri dari Webinar Internasional, Expert Talks, Coaching Class, Digital Exhibition dan akan ditutup dengan Malam Apresiasi Festival Literasi Zakat Wakaf.

Festival Literasi Zakat Wakaf pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 dengan format dan konsep yang berbeda. (L/SR/P2)

Mi’raj News Agency (MINA