Kemenag Luncurkan Enam KUA Piloting Akhir Mei Mendatang

Tangerang, MINA – Kementerian Agama RI () berencana meluncurkan enam Kantor Urusan Agama () Piloting pada akhir Mei mendatang.

Enam KUA tersebut menjadi percontohan bagi 100 KUA yang akan direvitalisasi pada 2021. Rencananya, Menteri Agama akan hadir di KUA Banjarnegara.

“Rencananya launching diresmikan Menag pada akhir Mei 2021 di KUA Banjarnegara secara online,” ujar Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag, Muharam Marzuki di sela-sela acara Revitalisasi KUA Melalui Program dan Layanan Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Angkatan I di Tangerang, Kamis (29/4).

Dalam acara yang digelar oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam itu, Muharam menegaskan, dalam launching KUA Piloting tersebut akan ditampilkan sarana dan prasarana, fasilitas, dan SDM-nya.

“Nanti semua harus tampil, semua harus siap secara serempak. Nanti Menteri Agama bisa berkomunikasi dengan Kepala KUA, penghulu, dan penyuluh secara online dengan lima wilayah di mana KUA itu berdiri,” katanya.

“Kita revitalisasi ini diawali baru enam KUA. Menyusul lagi nanti 94 menjadi 100. Nanti menyusul lagi tahun-tahun berikutnya mudah-mudahan bisa 1.000 KUA. Dan kita harapkan secara menyeluruh nanti bisa terevitalisasi semuanya,” katanya.

Menurut Muharam, revitalisasi KUA ini tidak hanya pada satu layanan, tetapi mencakup semua layanan yang ada di KUA.

“Mulai dari layanan nikah, layanan Urusan Agama Islam dan Syariah, layanan Penerangan Agama Islam, layanan Zakat dan Wakaf, termasuk bagaimana moderasi beragama bagi masyarakat,” katanya.

Ia menegaskan, karena mindset masyarakat masih melihat KUA sebagai tempat layanan nikah saja, makanya antar direktorat di Bimas Islam Kemenag mendukung penuh program revitalisai KUA agar mindset masyarakat berubah. (L/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.