Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits Siap Digelar 22-25 Maret

Jakarta, MINA – Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama, Juraidi mengatakan, Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Pangeran Sulthon bin Abdul Aziz Ali Su’ud Tingkat Nasional ke-13  siap digelar pada 22-25 Maret 2021 di Jakarta.

Hal tersebut disampaikannya setelah menerima surat rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Alhamdulillah kami baru saja menerima surat rekomendasi dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 . Insyaallah  MHQH ke-13 siap dilaksanakan pada 22-25 Maret mendatang,” katanya dalam keterangan yang diterima MINA, Rabu (3/3).

Ia menyebutkan, berdasarkan surat rekomendasi Satgas Covid-19 Provinsi DKI Jakarta nomor 134/-1.772/ tertanggal 1 Maret 2021, penyedia ruangan, panitia penyelenggara, dan peserta diwajibkan mentaati protokol kesehatan.

“Harus memperhatikan protokol kesehatan yang terdiri dari menjaga jarak, menggunakan masker dengan benar, dan mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Protokol ini harus dilaksanakan oleh pengelola ruangan, penyelenggara dan peserta atau tamu undangan,” ujarnya.

“Selanjutnya dalam penyelenggaraan nanti, para peserta dan panitia juga akan difasilitasi rapid antigen swab. Ini bagian dari prosedur untuk mencegah penularan covid-19 selama berlangsungnya acara,” tambahnya.

Pendaftaran MHQH ke-13 dibuka sejak 26 Januari hingga 6 Maret 2021.

Musabaqah ini akan terbagi dalam lima cabang hafalan Qur’an yakni hafalan Al-Qur’an 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz dan 30 Juz (Putra dan Putri), dan satu cabang hafalan hadis dari Kitab Umdatul Ahkam (Kategori Putera).

Berikut rangkaian kegiatan musabaqah yang menargetkan akan diikuti 250 penghafal Al-Qur’an dan Hadis dari seluruh Indonesia:

Pendaftaran: 26 Februari – 6 Maret 2021;
Verifikasi Calon Peserta: 7 – 9 Maret 2021;
Pengumuman Peserta : 10 Maret 2021;
Pelaksanaan Lomba : 22 – 25 Maret 2021.

MHQH merupakan gelaran yang dilaksanakan rutin setiap tahun, dan merupakan even kerja sama antara Kedutaan Besar Saudi Arabia dengan Kementerian Agama. (R/SR/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.