Kemenag: Peran Masjid Sebagai Pusat Syiar Islam Perlu Diperkuat

Jakarta, MINA – Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama () Kamaruddin Amin mengatakan, peran sebagai pusat syiar agama Islam perlu diperkuat.

Pernyataan ini disampaikan Kamaruddin dalam arahannya pada Pembahasan Formulasi Kerja Sama di Bidang Kemasjidan di Hotel Best Western Plus, Jakarta, Rabu (9/3/2022).

“Peran masjid sebagai pusat syiar tentu merupakan hal yang strategis dan fundamental. Untuk itu perlu penguatan peran masjid melalui kolaborasi antara Kementerian Agama bersama mitra strategis dari DMI maupun ormas-ormas Islam. Banyak sekali mata rantai yang bisa disinergikan dalam upaya memperkuat peran masjid ini,” jelasnya.

Menurut Kamaruddin, kolaborasi program antara Kementerian Agama dan DMI sebagai upaya memperkuat peran masjid menjadi lebih mudah.

“Saya kira di DMI banyak program yang terkait kemasjidan. Kami di Bimas Islam juga memiliki program pembinaan takmir-takmir masjid, remaja-remaja masjid, bahkan termasuk pembinaan kepada para imam masjid,” katanya.

“Kami ingin ada sinergi program yang produktif dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satu program yang bisa disinergikan dengan DMI, sesuai arahan langsung dari Menteri Agama, adalah terkait program akustik masjid dan pengadaan alat ukur pengeras suara. Kami yakin DMI punya keahlian di ranah itu. Oleh karena itu, ke depan kita bisa membangun kerja sama yang lebih erat terkait hal itu,” imbuhnya.

Kamaruddin menambahkan, peran masjid yang cukup fundamental adalah terkait yang moderat dan toleran. Sebagai negara mayoritas Muslim, lanjut Dirjen, Indonesia memiliki segala atribut menjadi negara yang tenang dan damai. Dengan memperkuat peran masjid sebagai pusat syiar agama Islam ini bisa memperkokoh kerukunan antarmasyarakat Indonesia.

“Kita punya niat dan tujuan yang sama yaitu kita bisa mensinergikan dan mengkolaborasikan sejumlah program yang insyaallah dampaknya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Apalagi, DMI sebagai salah satu mitra strategis memiliki program-program yang sudah diketahui secara nasional. Kita bisa bersama-sama membangun umat melalui masjid,” katanya. (L/R2/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)