Kemenag Tetapkan Awal Sya’ban 15 Maret

Jakarta, MINA – Kepala Sub Direktorat Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi mengatakan, awal bulan Sya’ban 1442H bertepatan pada 15 Maret 2021.

“Kami dan tim melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal Sya’ban pada 29 Rajab atau 13 Maret. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat,” kata Ismail,demikian dikutip dari website Kemenag, Selasa (16/3).

Ismail menjelaskan, data hisab awal Sya’ban, ijtima terjadi pada Sabtu (13/3) pukul 17:24 WIB. Saat ijtima, hilal berada pada ketinggian 01° 39′ 14″ dengan Elongasi 04° 57′ 19″.

“Saat dilakukan rukyat, cuaca mendung dan hilal tidak terlihat, sehingga bulan Rajab  disempurnakan menjadi 30 hari, ” ujarnya.

Ismail menambahkan, rukyatul hilal dilaksanakan pada setiap tanggal 29 bulan Kamariyah. Hasil hisab dan rukyat awal Sya’ban ini selanjutnya akan dijadikan acuan untuk menentukan pelaksanaan sidang Isbat Ramadhan.

“Seperti biasa, Kementerian Agama akan melaksanakan Sidang Isbat Awal Ramadan setiap 29 bulan Sya’ban,” katanya. (R/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.