Kemendag Inisiasi Misi Pembelian Sebesar Rp 41,55 miliar

Jakarta, MINA – Berbagai upaya untuk meningkatkan ekspor terus dilakukan. ini ditunjukkan Kementerian Perdagangan () melalui Direktorat Jenderal Perdagangan Ekspor Nasional lewat inisiasi penandatanganan misi pembelian sebesar USD 3,1 juta atau sekitar Rp 41,55 miliar.

Penandatanganan dilakukan di sela Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2018 dan disaksikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Jakarta, Kamis (1/2), sebagaimana keterangan pers Kemendag.

“Penandatanganan misi pembelian ini dilakukan antara dua perusahaan asal Indonesia dengan dua importir melalui perwakilan perdagangan di Barcelona, Spanyol dan Bangkok, Thailand dengan total sebesar USD 3,1 juta,” jelas Plh. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Bachrul Chairi.

Dalam jumlah tersebut, PT Dasar Rukun akan mengekspor produk benang senilai USD 1,1 juta atau sekitar Rp 14,7 miliar ke Spanyol, sementara PT Wangta Agung akan mengekspor produk alas kaki senilai USD 2 juta atau sekitar Rp 26,8 miliar ke Thailand.

Misi pembelian, lanjut Bachrul, adalah salah satu skema kegiatan promosi dagang yang dilakukan Kemendag untuk membantu para pelaku ekspor Indonesia dalam melakukan kesepakatan dan atau transaksi bisnis dengan para importir di luar negeri.

Total perdagangan Indonesia-Thailand periode Januari-November 2017 mencapai USD 14,43 miliar atasu sekitar Rp193,39 triliun. Nilai ini naik dibandingkan tahun 2016 para periode yang sama yaitu sebesar USD 12,93 miliar atau sekitar Rp 173,28 triliun.

Sedangkan total perdagangan Indonesia-Spanyol periode Januari-November 2017 sebesar 2,31 miliar atasu sekitar Rp 30,9 triliun. Nilai ini naik dibandingkan tahun 2016 pada periode yang sama yaitu sebesar USD 1,84 miliar atau sekitar Rp 24,65 triliun. (R/R01/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.