Kemendikbud Fokus Perluas Akses dan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy saat bacakan capaian dan terget kedepan kerja Kemdikbud. (Foto: Aliya/MINA)

Jakarta, MINA –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan () terus fokus untuk melakukan perluasan akses dan meningkatkan .

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan, memasuki tahun ketiga, pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kemendikbud terus melakukan perluasan akses dan meningkatkan mutu pendidikan.

“Kemdikbud fokus pada peningkatan mutu pendidikan dan terus memperluas akses hingga ke daerah 3T (terdalam, terpencil dan terbelakang),” katanya pada acara Taklimat Media Kilas Balik Kinerja Kemendikbud Tahun 2017 dan Rencana Kerja Tahun 2018, di Kantor Kemendikbud, Selasa (19/12).

Menurutnya, tahun pertama pemerintah menyiapkan pondasi, tahun kedua pemerintah melakukan percepatan langkah dan bekerja secara nyata, dan tahun ketiga yang sedang berjalan, pemerintah melakukan pemerataan pembangunan.

“Ini adalah upaya perwujudan bahwa negara harus memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan,” jelasnya.

“Sinergi antara pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat dalam melaksanakan program-program prioritas, akan memberikan dampak langsung yang bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Terkait program prioritas yang diamanahkan Presiden jokowi kepada Kemendikbud berdasarkan penjabaran dari implementasi Nawacita, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP), Revitalisasi Pendidikan Kejuruan, dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), serta peningkatan Ujian Nasional (UN). (L/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.