Kemenkes Nyatakan Virus Corona Belum Masuk Indonesia

Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Kemenkes Endang Budi Hastuti di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Jumat (31/1). (Foto: Thayyib/MINA)

Jakarta, MINA – Kementerian Kesehatan menyatakan hingga saat ini dipastikan belum ada hasil yang menyatakan (n-CoV) positif masuk ke Indonesia.

“Menurut data per-sore kemarin, 9-19 pasien yang sedang dalam pengawasan terkait dugaan terpapar virus corona adalah masih negatif,” kata Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Endang Budi Hastuti di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Jumat (31/1).

Namun ia berharap, walaupun hasilnya masih negatif, Indonesia perlu meningkatkan kewaspadaan terkait bahaya virus corona ini.

“Di Bandara akan ditambah personil pemeriksaan dan  rumah sakit juga diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terkait virus baru ini,” kata Endang.

Lebih lanjut ia mengatakan, tadi pagi sudah melakukan rapat dengan Menteri Kesehatan terkait antisipasi masuknya virus baru ini dan masih belum ada hasil final dari rapat tersebut.

Organisasi kesehatan international WHO juga sudah menyatakan Virus corona ini sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Melansir dari SCMP pada Kamis (30/1), korban jiwa akibat virus yang muncul pertama kali di Wuhan China itu sudah ada 213 korban meninggal, dengan 42 kasus terbanyak terjadi di Provinsi Hubei. (L/Ty/Ma/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.