Kemenristekdikti Gelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional 2018

Surakarta, MINA – Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional (Pilmapres) 2018 di Surakarta, 9-12 Juli 2018.

Pilmapres diadakan dalam rangka pencarian mahasiswa berprestasi tingkat nasional agar Indonesia memiliki sumber daya manusia berdaya saing tinggi serta berkarakter siap memasuki era revolusi industri 4.0.

Pemilihan mahasiswa berprestasi nasional pada tahun ini berkaitan erat dengan tema era revolusi industri 4.0, yaitu mahasiswa saat ini dituntut memiliki kemampuan dalam melakukan inovasi, baik hard skill atau soft skill sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Seluruh peserta Pilmapres berjuang dalam mempresentasikan dan mempertahankan karya ilmiahnya yang dititikberatkan pada pemanfaatan teknologi informasi baik dalam tahapan proses maupun pengembangan hasil inovasi yang dapat didiseminasikan secara luas.

Dari 252 peserta Pilmapres yang mengikuti seleksi nasional dan berdasarkan keputusan Dewan Juri, terpilih Evita Martha Dewi dari Universitas Indonesia sebagai Juara I untuk program Sarjana dan Andre Gilitasha dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai Juara I untuk program Diploma. Untuk kategori Penyaji Karya Ilmiah Terbaik terpilih Faoziah Arumi dari Universitas Negeri Semarang untuk program Sarjana.

“Mahasiswa harus ditumbuhkembangkan potensinya secara utuh, baik pengetahuan (kognitif), kepribadian (afektif), dan psikomotorik (keterampilan). Pintar saja tidak cukup tetapi harus memiliki pengalaman kegiatan kemahasiswaan serta membangun kohesi sosial dengan lingkungannya. Kami yakin Mahasiswa Berprestasi akan menjadi pemimpin bangsa di masa depannya,” kata Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa, Didin Wahidin.

Didin menjelaskan, peserta Pilmapres tahun ini terdiri dari 142 mahasiswa program Sarjana (S1) dan 110 mahasiswa program Diploma. Dari sejumlah 252 mahasiswa yang mengikuti tahapan seleksi awal (desk evaluation) telah terpilih 26 finalis yang terdiri dari 17 mahasiswa berasal dari program Sarjana dan 9 mahasiswa dari program Diploma.

Penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap peran aktif mahasiswa yang melakukan inovasi sesuai dengan relevansi kebutuhan masyarakat pada jamannya.

Oleh karena itu kritik dan saran masyarakat akan menjadi masukan bagi terselenggaranya Pilmapres yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

“Semoga kegiatan Pilmapres ini dapat terus mendukung peningkatan kemampuan hard skill dan soft skill mahasiswa sehingga mampu berdaya saing tinggi,” harap Didin.

Adapun pemenang Pilmapres Tahun 2018 sebagai berikut:

Program Sarjana

Juara I : Evita Martha Dewi (Universitas Indonesia)
Juara II : Arga P. Panatagama (IPB)
Juara III : Angelo Abil Wijaya (UGM)

Program Diploma

Juara I : Andre Gilitasha (STP Trisakti)
Juara II : Amalia Rohmah (UNY)
Juara III : Gilang Heru Kencana (PENS). (R/R09/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.