Kemlu RI: 25 WNI di Ukraina Berhasil Dievakuasi ke Rumania

Sumber Foto: Twitter Kemlu RI

Odessa, MINA – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan pada Ahad (27/2), sebanyak 25 warga negara Indonesia (WNI) berhasil dievakuasi dari kota Odessa, Ukraina ke wilayah Rumania.

“Alhamdullilah, 25 WNI telah berhasil dievakuasi dari Odessa, Ukraina dan telah tiba di wilayah Rumania,” kata dalam akun Twitternya.

Kemlu melanjutkan, tim Kedutaan Besar RI (KBRI) Bucharest membawa para WNI tersebut menuju Bucharest, Rumania.

“Pemerintah terus mengupayakan evakuasi seluruh WNI dari berbagai kota di Ukraina. Keamanan dan keselamatan WNI selalu menjadi prioritas utama,” tambah pernyataan Kemlu RI dalam akun sosial medianya tersebut.

Sebelumnya, Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha mengatakan, total ada 153 WNI di Ukraina yang tersebar di beberapa kota dan pemerintah Indonesia sudah menyiapkan tim untuk melakukan evakuasi.

“Saat ini pemerintah tengah menyiapkan tim evakuasi yang terdiri dari unsur-unsur Kementerian Luar Negeri dan TNI, serta pesawat,” kata Judha dalam jumpa pers virtual, Sabtu (26/2) malam.

Namun Judha mengatakan, evakuasi WNI menggunakan pesawat langsung dari Ukraina belum bisa dilakukan karena penerbangan sipil di negara tersebut saat ini dilarang.

“Sudah ada notice dari NOTAM yang melarang penerbangan sipil di Ukraina,” kata Judha.

Menurut Judha upaya yang bisa dilakukan saat ini adalah jika situasi memungkinkan akan membawa para WNI melalu jalur darat menuju ke perbatasan negara terdekat seperti Polandia atau Rumania baru bisa dievakuasi dengan pesawat.

Untuk itu ia mengatakan, komunikasi terus dilakukan dengan berbagai pihak untuk membuat jalur aman evakuasi. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)