Kemundziran Bener Meriah Adakan Sholat Gerhana Bulan

Jamaah gerhana mendengarkan khutbah. Foto: Habibi

Bener Meriah, Aceh – Kemundziran Bener Meriah adakan Sholat , Rabu malam (31/1).

Bertindak selaku Imam sekaligus khatib, Nurhabibi, Amir Kemundziran Bener Meriah.

Dalam khutbahnya, Habibi menyampaikan, Gerhana Bulan merupakan bukti kekuasaan Allah.

“Kejadian gerhana matahari atau bulan,
bukanlan disebabkan oleh kematian atau kelahiran seseorang sebagaimana teguran Rasulullah SAW terhadap para sahabat yang membuat berbagai opini dan pandangan tentang kejadian gerhana matahari yang terjadi pada hari itu bersamaan dengan hari wafatnya putra Rasulullah SAW. Kejadian itu menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT”, ujarnya.

Habibi menghimbau, ” apabila terjadi gerhana, kita sebagai umat Islam dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam supaya bersegera untuk memperbanyak melakukan hal-hal yang baik seperti betdoa, berdzikir, shalat, bertasbih, bertahmid, bertakbir, bershodakoh, beristighfar.

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: Sesungguhnya matahari dan bulan adalah 2 bukti daripada tanda-tanda kebesaran Allah Ta’ala di mana kedua-duanya tidak akan gerhana kerana kematian atau hidupnya seseorang. Maka apabila kamu melihat gerhana, berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, dirikanlah shalat dan bersedekahlah”, ujarnya.

Habibi juga mengingatkan kepada jamaah sholat yang hadir agar selalu menjauhi perkara maksiat dan senantiasa untuk taqwallah.

“Marilah kita melakukan hal-hal yang bermanfa’at dan positif. Hindari dan jauhi perbuatan maksiat, munkar, zhalim, fitnah, permusuhan, menyebarkan berita bohong serta perbuatan syirik. Itu semua bertentangan dengan nilai-nilai kemuliaan ajaran Islam,” katanya.

Semoga kejadian gerhana ini akan menimbulkan kesadaran dan dzikir kepada Allah, menambah serta menguatkan lagi keimanan dan ketaqwaan, istiqomah dalam amal shalih kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala, ujarnya.

Wartawan: Admin

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.