Kereta Rute Pakistan-Turki Tiba di Istanbul, Pertama dalam Satu Dekade

(Foto: RailwayPro)

Istanbul, MINA – Kereta pertama yang membawa barang dari ke tiba di Istanbul pada Rabu (5/1), menyelesaikan perjalanan pertama dalam satu dekade terakhir setelah terhenti akibat banjirdi Pakistan tahun 2019.

Kereta kargo dengan rute Islamabad-Tehran-Istanbul (ITI) – terdiri dari delapan gerbong dengan kapasitas 22 ton – memulai perjalanannya dari Islamabad pada 21 Desember dan menempuh jarak 5.981 kilometer.

Diharapkan hubungan baru ini akan meningkatkan perdagangan antara ketiga negara, Pakistan--Turki,  MEMO melaporkannya dikutip MINA, Jumat (7/1).

Menteri Transportasi dan Infrastruktur Turki Adil Karaismailoglu, Anggota Majelis Nasional Pakistan Makhdoom Zain Hussain Qureshi, dan Duta Besar Iran untuk Turki Mohammad Farazmand menghadiri upacara yang diadakan di Istanbul untuk menandai kedatangan kereta tersebut.

“Ini akan menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan transportasi laut antara Pakistan dan Turki, yang memakan waktu 35 hari, dan akan mengarah pada perkembangan perdagangan antara kedua negara,” kata Karaismiloglu.

Berbicara pada upacara tersebut, Qureshi menyoroti bahwa kereta api ITI akan memainkan peran penting dalam meningkatkan konektivitas regional dan mempromosikan kegiatan ekonomi dan komersial.

Menurutnya, Pemerintah Pakistan saat ini percaya pada konektivitas regional dan kami merasa bahwa untuk memainkan peran di tingkat nasional, kami harus dapat diandalkan secara ekonomi.

“Untuk melakukan itu, kami tidak hanya perlu memiliki perdamaian di kawasan kami, tetapi juga meningkatkan perdagangan. di lingkungan kami dan proyek ITI ini akan menjadi proyek persahabatan,” ujar Qureshi.

“Kami mendapatkan akses ke pasar Eropa dan Turki mendapatkan akses ke negara-negara Asia Tengah sehingga ini adalah pengaturan yang saling menguntungkan dan saya berharap ini akan berkelanjutan dan kami dapat tumbuh lebih jauh darinya,” tambahnya.

Duta Besar Iran Farazmand dalam pidatonya mengatakan proyek kereta api ITI pertama kali diluncurkan pada 2009 lalu tetapi masih ditangguhkan karena masalah teknis dan dimulai kembali sepuluh tahun kemudian.

Dia menegaskan, ketiga negara juga berencana meluncurkan kereta penumpang pada rute yang sama dalam waktu dekat.

Kereta pertama dari Islamabad ke Istanbul diresmikan pada 14 Agustus 2009. Sejak itu, delapan kereta telah diberangkatkan dari Pakistan ke Turki. Enam kereta selanjutnya meninggalkan Turki menuju Pakistan, tetapi layanan kereta api dihentikan karena banjir di Pakistan pada tahun 2009. (T/R1/P1)