KERRY PERINGATKAN ISRAEL TENTANG RUNTUHNYA OTORITAS PALESTINA

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. (Foto: AP)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat . (Foto: AP)

Washington, 24 Safar 1437/6 Desember 2015 (MINA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry memperingatkan tentang bahaya yang akan timbul jika Otoritas runtuh, Sabtu (5/12).

Jika itu terjadi, kata Kerry, akan menyebabkan situasi yang bisa mengancam keamanan Israel dan rakyat Palestina.

Berbicara dalam konferensi di Brookings Institution, Kerry mengatakan, kepemimpinan Palestina harus berbuat lebih banyak untuk mencegah dan memerangi kekerasan anti-Israel.

Namun, dia juga mengatakan, para pemimpin Israel seharusnya tidak menganjurkan atau mengizinkan hancur. News On6 memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Jika itu terjadi, menurut Kerry, Israel akan dipaksa untuk mengakui semua pemerintahan di Tepi Barat dan berpotensi menerima solusi satu negara yang akan mengkompromikan masa depan Israel dalam demokrasi negara Yahudi.

Kerry melanjutkan, tanpa solusi dua negara, Israel akan dipaksa ke posisi yang akan ditolak oleh sebagian besar rakyat Palestina dan masyarakat internasional.

“Solusi satu negara bukan solusi menuju aman,” kata Kerry.

Dia juga menyesalkan fakta bahwa Israel terus menyetujui pembangunan baru di permukiman Yahudi di wilayah Palestina yang diklaim sebagai bagian dari negara masa depan.

Di saat yang sama, Israel menolak izin pembangunan untuk proyek-proyek Palestina di wilayah yang akan dinegosiasikan dalam perjanjian damai.

Kerry mendesak para pemimpin Israel dan Palestina untuk bertekad menuju konsep solusi dua negara. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0