KETUA ASMINDO JATENG : PELUANG PASAR TIMUR TENGAH BAGUS

Ketua Asmindo Jateng Peluang Pasar Ketimur Tengah Cukup Bagus
Ketua Asmindo Jateng Peluang Pasar Ketimur Tengah Cukup Bagus

, 11 Ramadhan 1435/9 Juli 2014 (MINA) – Ketua Asosiasi Permebelan dan Kerajinan , Jawa Tengah (Asmindo Jateng), Yakub Firdaus mengatakan, selama ini peluang produk-produk Indonesia ke negara-negara cukup bagus terutama barang-barang non migas.

“Prospek ekspor produk Indonesia ke timur tengah cukup bagus terutama Furniture, elektronik, dan makanan”, kata Yakub Firdaus saat dihubungi Mi’rajnews.com, Jakarta, Rabu.

“Produk Indonesia bisa diterima di Emirat Arab. permasalahannya adalah banyak pengusaha Indonesia kurang informasi mengenai pasar Timur Tengah,”paparnya.

“Untuk mendapatkan sosialisasi dan informasi yang akurat, kita bisa silaturahim kepada para pengusaha Timur Tengah”. ujarnya lagi.

Forum-forum sosialisasi ini perlu digalakkan karena masih banyak kalang pengusaha yang tidak tahu cara mengekspor barangnya kesana.

Selama ini, sebenarnya ada banyak produk Indonesia yang ada di pasar Timur Tengah, namun sudah berlabel Singapura.

selama ini hanya melalui singapura. perlu diadakannya pertemuan para pengusaha muslim untuk meningkatkan produk ekspor ketimur tengah.

Di Turki pangsa pasarnya juga cukup bagus, walaupun biaya masuknya cukup tinggi, karena negara tersebut perbatasan dengan benua Asia dan Eropa.

Lembaga sertifikasi halal MUI juga bisa berperan disini. Namun lembaga itu perlu kerjasma dengan pihak-pihak terkait agar bisa diakui di Timur Tengah.

Indonesia tertinggal jauh dengan negara Malaysia dalam hal ekspor produk non migas ke Timur Tengah. Padahal secara kualitas produk dan SDM, Indonesia bisa bersaing.(L/P012/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0