KETUA DPR : HUBUNGAN DPR RI-PARLEMEN TURKI PERLU DITINGKATKAN

Presiden Turki.(Foto: medyasultanbeyli.com)
Republik , Recep Tayyip Erdoǵan.(Foto: medyasultanbeyli.com)

Jakarta, 15 Syawwal 1436/31 Juli 2015 (MINA) – Ketua RI Setya Novanto, dengan didampingi para Wakil Ketua DPR RI dan Pimpinan Komisi I DPR direncanakan akan menerima Presiden Republik Turki, Recep Tayyip Erdoǵan pada pukul 17.30 WIB, Jumat (31/7) ini, di Gedung Nusantara III, Lantai III.

Sebagaimana keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), pertemuan itu diagendakan akan membahas hubungan kedua negara.

Dinyatakan, Turki merupakan salah satu negara sahabat yang sangat penting bagi Indonesia. Turki telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada Indonesia ketika dilanda bencana Tsunami dan gempa bumi di Aceh dan Sumatera.

Novanto berharap adanya peningkatan kerjasama bilateral yang selama ini telah berjalan dengan sangat baik. Berbagai kerjasama lain yang selama ini telah dijalin juga diharapkan dapat ditingkatkan.

Dengan adanya upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara, kerja sama antar parlemen kedua negara sudah tentu juga perlu diperkuat. Dalam kesempatan ini, Novanto akan meminta dukungan Pemerintah Turki agar mendorong parlemennya membentuk Parliamentary Friendship Group dengan DPR RI.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Jakarta hari Kamis malam (30/07) dalam rangka kunjungan kenegaraan. Erdogan akan berada di Indonesia hingga Sabtu (1/8) esok.

Presiden Turki juga dijadwalkan akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta Jumat ini untuk membicarakan masalah ekonomi, pendidikan dan isu global.

Kunjungan Erdogan itu merupakan kunjungannya yang keempat ke Indonesia, dan yang pertama dalam kapasitas sebagai Presiden Turki. Kunjungan sebelumnya dilakukan dalam kapasitas sebagai Perdana Menteri Turki.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Presiden Turki antara lain juga  menyampaikan public lecture di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). (T/R05/P2)

 

 Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0