KETUA LPPOM MUI: SERTIFIKASI BUKAN UNTUK CARI UNTUNG

Ketua LPPOM MUI, Ir. Lukamnul Hakim, M.Si
Ketua , Ir. Lukamnul Hakim, M.Si

Jakarta, 25 Syawwal 1435/21 Agustus 2014 (MINA) – Ketua Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Lukmanul Hakim mengatakan, keberadaan lembaga yang ia pimpin sama sekali bukan untuk mencari keuntungan, tetapi untuk melindungi masyarakat dari bahaya makanan haram.

“LPPOM MUI bukan lembaga waralaba, tetapi ia adalah nirlaba (tidak berorientasi kepada keuntungan) sebagai himayatul ummah (melindungi umat) Islam Indonesia dari bahaya produk makanan haram,” kata Lukman dalam acara silaturahim LPPOM MUI di gedung Global Centre, Bogor, Kamis.

Ia juga mengungkapkan, 2015 nanti, Indonesia akan menghadapi era perdagangan bebas zona Asia Tenggara AFTA ( Asean Free Trade Area) dan NAFTA ( Nort American Free Trade Area). Pastinya hal itu membutuhkan keseriusan dari lembaga pemerintah maupun ulama untuk melindungi masyarakat Indonesia dari produk impor.

Saat ini, LPPOM MUI telah melakukan kerjasama dengan lembaga halal di Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. “Kita sudah menyepakati delapan point terkait dengan sertifikasi halal tersebut,”katanya.

Diantara poin kesepakatan itu adalah; pengakuuan sertifikasi masing-masing negara, penentuan standar sertifikasi bersama, kerjasama di bidang fatwa halal, kerjasama penggunaan laboratorium halal, menolak sertifikasi dari lembaga non-Islam, menolak produk-produk hasil konversi babi, dan Indonesia dipercaya memberi pelatihan auditor dan fatwa halal.

Dalam memudahkan pelayanan masyarakat melakukan sertifikasi halal, saat ini LPPOM MUI sudah memiliki perwakilan di 33 propinsi di Indonesia, dengan 737 Auditor, terdiri dari 667 tersebar di berbagai daerah dan 75 di pusat.

Sementara itu, Dewan Pembina LPPOM MUI, Anwar Abbas, mengatakan sosialisasi kepada masyarakat tentang kesadaran mengkonsumsi produk halal menjadi bagian penting dalam program kerja lembaga. “Halal itu murah dan Allah SWT telah mengkaruniakan semua itu di sekitar kita untuk bisa dimanfaatkan bersama,”katanya.

LPPOM MUI mencanangkan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia  dengan melakukan langkah-langkah strategis agar Indonesia benar-benar bisa berperan di pasar halal internasional.

Diantara pencapaian yang telah dilakukan yaitu, telah ditandatanganianya nota kesepakatan antara LPPOM MUI dengan KADIN Timur Tengah dan OKI dalam bentuk pengembangan industri halal (Halal Industrial Park).(L/P04/IR).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0