Ketua Umum DMI M. Yusuf Kalla Sampaikan Tarhib Ramadhan

Jakarta, MINA – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia () Muhammad Yusuf Kalla menyampaikan tahun 2020 M/1441 H sebagai berikut :

Pertama, menyerukan seluruh umat beragama dan khususnya umat Islam untuk secara bersama menghormati hadirnya bulan suci Ramadhan karim yang merupakan bulan suci dalam Islam.

Kedua, khususnya kepada seluruh umat Islam agar senantiasa menjalankan ibadah shiyam/puasa di bulan Ramadhan dengan khusyuk dan khidmat, sehingga mencapai tingkat Muttaqin yaitu orang terbaik di sisi Allah.

Ketiga, karena Ramadhan tahun 2020 ini kita semua diharapkan bahaya wabah COVID-19 sehingga dikondisikan untuk menegakkan prinsip menghindari persentuhan dengan orang lain, menjauhkan kebiasaan bertemu sampai meniadakan pola berkumpul bersama (jamaah), dalam berbagai bentuk dan forum (physical and social distancing), maka marilah tarawih tadarrus dan taushiyah Ramadhan dilaksanakan dalam lingkup keluarga di tempat tinggal masing-masing.

Keempat, meski menegakkan prinsip physical and social distancing, agar umat Islam senantiasa memperkuat rasa persaudaraan sesama muslim (ukhuwah Islamiyah), persaudaraan sesama manusia (ukhuwah basyariyah) dan persaudaraan nasional (ukhuwah wathaniyah) sehingga Ramadhan ini melahirkan suasana harmoni sosial, keberagamaan, dan mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Kelima, DMI juga menyatakan keprihatinan dan turut berduka atas meninggalnya para petugas medis yang menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) akibat COVID-19.

Keenam, agar para DKM/Ta’mir masjid di seluruh Indonesia tetap menghadirkan kesyahduan dan kekhidmatan suara masjid di tengah suasana keprihatinan ini melalui loud speaker termasuk seruan mencerahkan untuk mewujudkan kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Ketujuh, meneladani Nabi Muhammad Shalallahu alaihi Wassalam,  agar para Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)/Ta’mir agar menyiapkan masjid untuk menghimpun, mendistribusikan Zakat Mal, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dan Zakat Fitrah, bahkan menafkahkan sebagian cadangan kasnya bagi masjid yang memiliki kelebihan bantuan sosial dalam rangka memaksimalkan masjid memakmurkan masyarakat. (L/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.