Khan Tuding PM Pakistan Terlibat dalam Komplotan Pembunuhannya

Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, (Gambar: Daily Post)

Islamabad, MINA – Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada Jumat (4/11) menuduh penggantinya terlibat dalam komplotan untuk membunuhnya.

Tudingan itu Khan lontarkan kepada wartawan saat ia pulih di rumah sakit dari luka tembak menyusul upaya pembunuhan terhadapnya, The New Arab melaporkan.

Khan mengatakan bahwa Shehbaz Sharif, yang menggantikannya sebagai perdana menteri setelah mosi tidak percaya pada bulan April, mendalangi serangan itu bersama dengan Menteri Dalam Negeri Rana Sanaullah dan seorang komandan senior di tentara.

“Ketiganya memutuskan untuk membunuh saya,” kata Khan dalam penampilan publik pertamanya sejak penembakan hari Kamis (3/11). Ia menambahkan bahwa dua pria bersenjata terlibat.

Pemerintah telah membantah bagian apa pun, dan menyalahkan upaya pembunuhan pada penyerang tunggal yang dipicu oleh ekstremisme agama.

Serangan terhadap konvoi Khan pada Kamis menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 10 orang, secara signifikan meningkatkan pertaruhan dalam krisis politik yang telah mencengkeram negara Asia Selatan itu sejak penggulingan Khan.

Mantan bintang kriket internasional berusia 70 tahun itu telah memimpin ribuan konvoi kampanye sejak pekan lalu dari Lahore ke ibu kota Islamabad.

Duduk di kursi roda – kaki kanannya digips dan kaki kirinya diperban berat – Khan berbicara selama lebih dari satu jam. Ia mencela pemerintah.

Dia mengatakan, lawan-lawannya ingin menuduhnya “menghina agama, atau menghina nabi” dan kemudian akan menyalahkan seorang ekstremis agama karena membunuhnya.

Namun, Khan tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhannya.

Sanaullah sebelumnya mengatakan, serangan itu adalah “kasus ekstremisme agama yang sangat jelas”.

Tersangka dalam tahanan polisi, yang disebut oleh pejabat pemerintah Punjab bernama Naveed Ahmad. Ahmad mengatakan dalam sebuah video yang dibocorkan oleh polisi ke media bahwa Khan “menyesatkan publik”.

Ahmad menambahkan bahwa dia marah dengan konvoi Khan yang berisik karena mengganggu azan.

Khan sedang melihat ke arah kerumunan ketika peluru diberondongkan ke truk kontainernya yang dimodifikasi saat perlahan-lahan melewati kerumunan yang padat di Wazirabad, sekitar 170 kilometer (105 mil) timur Islamabad.

“Peluru mengenai kaki saya, dan ketika saya jatuh, ada ledakan lagi,” kata Khan kepada wartawan.

“Ada dua pria. Jika mereka sinkron dengan baik, saya tidak akan selamat. Salah satu dari mereka ditangkap dan dia disebut-sebut sebagai fanatik agama. Dia bukan fanatik agama — ada rencana rumit di balik ini,” tegas Khan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.