Khawatir Ada Penyalahgunaan, AS Kirim Ahli Senjata ke Ukraina

Washington, MINA – Pemerintahan Biden telah mengirim ahli senjata ke Ukraina untuk memeriksa senjata yang dipasok AS yang digunakan melawan Rusia, di tengah meningkatnya kekhawatiran di antara anggota parlemen Amerika tentang kemungkinan penyalahgunaan dan pengalihannya.

Sekretaris pers Pentagon Brig. Jenderal Pat Ryder menyatakan pada Selasa (1/11) bahwa inspeksi telah “dalam pengembangan untuk sementara waktu,” tetapi tidak mengungkap berapa banyak ahli senjata yang dikirim ke Ukraina, ketika mereka tiba dan di mana mereka akan beroperasi, outlet berita The Hill yang berbasis di Washington melaporkannya.

Kelompok ini adalah salah satu personel militer AS pertama di Ukraina, selain dari mereka yang memberikan keamanan di Kedutaan Besar AS di Kiev.

Laporan itu lebih lanjut mengutip seorang “pejabat senior Departemen Pertahanan” yang mengatakan, “Kami sangat menyadari kemungkinan risiko pengalihan gelap dan secara proaktif mengambil semua langkah yang tersedia untuk mencegah hal ini terjadi.”

Pejabat Departemen Pertahanan juga disebutkan mencatat bahwa para ahli senjata sekarang di Ukraina. Mereka telah melakukan beberapa inspeksi sebagai bagian dari atase Pertahanan AS di Ukraina dan Kantor Kerjasama Pertahanan AS. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)