Khotbah Idul Adha Ismail Haniyah: Pencabutan Blokade Ada “Di Tikungan”

Gaza, MINA – Pemimpin mengatakan di dalam khotbah shalat Idul Adha pada Selasa (21/8) di Gaza City, penghentian blokade Israel selama lebih dari satu dekade di Gaza berada “di tikungan”.

Keyakinan itu Haniyah ungkapkan karena pembicaraan tentang kemungkinan kesepakatan gencatan senjata meningkat, demikian Times of Israel melaporkan.

Negosiasi tidak langsung antara kelompok Hamas yang mengontrol Jalur Gaza dan Israel yang ditengahi oleh pejabat Mesir dan PBB dilaporkan telah memasukkan diskusi tentang pelonggaran blokade, tetapi tidak berarti penghentian blokade sepenuhnya.

Berbicara kepada ribuan warga Palestina jamaah shalat di pagi hari itu, Haniyah tidak secara rinci membahas kemungkinan terjadinya gencatan senjata jangka panjang yang diperdebatkan di media Israel dan Palestina selama berpekan-pekan.

“Berkat pawai dan perlawanan ini, kami berada di sekitar tikungan untuk menutup halaman pada blokade yang tidak adil ini,” katanya, mengacu pada protes berbulan-bulan di sepanjang perbatasan Gaza-Israel.

Ia menekankan, kesepakatan apa pun yang akan diraih ke depannya perlu untuk dilaksanakan. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.