Koalisi Arab Hancurkan Kapal Houthi di Laut Merah

Riyadh, MINA – Koalisi Arab yang mendukung pemerintah sah Yaman mencegat dan menghancurkan kapal bermuatan bom milik milisi yang menargetkan rute maritim di selatan , Juru Bicara Koalisi Turki al-Maliki mengatakan pada Ahad (30/8).

Al-Maliki mengatakan kapal bermuatan bahan peledak yang dikendalikan dari jarak jauh itu diluncurkan dari kota pelabuhan al-Hodeidah di Yaman, menurut pernyataan yang disiarkan oleh Saudi Press Agency (SPA) yang dikutip Al Arabiya.

Juru Bicara Koalisi mengatakan, kapal sarat bahan peledak itu mengancam kegiatan maritim internasional dan “navigasi internasional.”

“Pasukan Angkatan Laut Koalisi mendeteksi malam ini (Ahad) upaya milisi teroris Houthi untuk melakukan aksi bermusuhan, teroris di Laut Merah Selatan menggunakan Kendaraan Permukaan Tak Berawak (USV) bermuatan bom yang diluncurkan dari Kegubernuran Hodeidah.”

Juru bicara tersebut mengatakan, USV itu telah dihancurkan.

“Milisi Houthi menggunakan Gubernuran Hodeidah sebagai situs peluncuran rudal balistik, UAV yang sarat bom, peluncuran USV, dan titik penyebaran ranjau laut tanpa pandang bulu dalam pelanggaran yang jelas dan terang-terangan terhadap hukum kemanusiaan internasional dan ketentuan gencatan senjata Perjanjian Stockholm,” kata pernyataan itu.

“Komando Pasukan Gabungan Koalisi akan terus menerapkan semua tindakan pencegahan yang ketat terhadap milisi teroris ini, dan menetralkan, menghancurkan kemampuan yang mengancam keamanan regional dan internasional,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari yang sama, Koalisi mencegat dan menghancurkan pesawat tak berawak (drone) yang menargetkan Bandara Internasional Abha, Arab Saudi. Namun, tidak ada kerusakan yang dilaporkan. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.