KOMISI HAM PBB : SERANGAN ZIONIS DI GAZA “KEJAHATAN PERANG”

Kejahatan Perang Israel Terhadap Jalur Gaza : 7 Agustus 2014 (Foto  Press Tv)
Israel Terhadap Jalur Gaza : 7 Agustus 2014 (Foto Press Tv)

New York, 11 Syawal 1435/7 Agustus 2014 (MINA) – Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia (HAM), Navi Pillay,  mengatakan, serangan Israel terhadap warga sipil di Jalur Gaza yang terkepung “merupakan kejahatan perang.”

Menyikapi pertemuan Majelis Umum PBB di New York, Rabu, Navi Pillay menyatakan, setiap serangan “terhadap warga sipil, rumah, bangunan sekolah dan rumah sakit, harus mendapat kutukan, hal ini merupakan kejahatan perang.” Press Tv melaporkan diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Pillay mencatat bahwa jumlah warga sipil yang tewas dalam konflik jauh lebih tinggi dari serangan sebelumnya di Gaza.

Badan Komisi Tinggi PBB Urusan HAM yang menyerukan Dewan Penyelidikan menyiapkan laporan tentang perang Israel di Gaza untuk dipresentasikan, katanya.

Rezim zionis Israel menyerang Jalur Gaza sudah hari 29 tanpa henti hingga merenggut nyawa hampir 1.900 warga Palestina, termasuk lebih dari 400 anak-anak, dan melukai lebih dari 9.500 lainnya.

Brigade Ezzedine al-Qassam, sayap militer gerakan perlawanan Palestina Hamas, telah melancarkan serangan balasan terhadap Israel.

Sumber-sumber Israel telah mengkonfirmasi kematian hampir 70 tentaranya. namun, Hamas mengatakan jumlah tentara Israel yang tewas lebih dari 150 orang termasuk perwira.

Pesawat tempur Israel menggempur sejumlah lokasi di wilayah Jalur Gaza, menghancurkan rumah-rumah dan mengubur keluarga Palestina di bawah reruntuhan. Pasukan Israel juga mulai melakukan serangan darat terhadap wilayah Palestina pada 17 Juli.

Gencatan senjata kemanusiaan 72-jam antara gerakan perlawanan Palestina Hamas dan Israel mulai berlaku pada 08:00 (0500 GMT) pada Selasa. (T/P012/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0