Komisi Pemilihan Banda Aceh Hapus 468 Pemilih Ganda

Banda Aceh, MINAKomisi Independen Pemilihan (KIP)  kota Banda Aceh menggelar rapat pleno terbuka terkait daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP).

Indra Milwady, Ketua Komisioner KIP Banda Aceh mengatakan, dalam rapat tersebut, KIP kota Banda Aceh telah menghapus sebanyak 468 pemilih ganda dari Data Pemilih Tetap, setelah sebelumnya KIP menetapkan 145. 585 pemilih. Kini pemilih di kota Banda Aceh berjumlah 145.117 DPT se kota Banda Aceh untuk pemilu 2019.

“Data pemilih tersebut merupakan hasil pencermatan bersama yang dilakukan KIP kota Banda Aceh, Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) dan Partai Politik terkait adanya temuan pemilih ganda oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pasca penetapan DPT tingkat nasional oleh KPU RI,” jelas Indra Milwady. Jumat (14/9).

Sebelumnya, KIP kota Banda Aceh telah menetapkan sebesar 145.585 pemilih se-Kota Banda Aceh, sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan. Kemudian pihaknya mendapatkan 909 pemilih ganda di kota Banda Aceh, jumlah tersebut merupakan hasil analisis Panwaslih kota Banda Aceh.

“Kita lakukan pencermatan bersama dan verifikasi langsung ke lapangan, Hasilnya kita temukan itu ada 468 pemilih ganda, dan langsung kita lakukan perbaikan”, papar Indra

Indra mengatakan, secara nasional ada 1.013.067 identitas pemilih ganda pada DPT Pemilu 2019, jumlah tersebut hasil temuan Bawaslu. Kemudian ada rekomendasi pencermatan dan penghapusan data ganda selama 10 hari setelah penetapan Data Pemilih Tetap oleh Komisi Pemilihan Umum RI.

Indra turut mengapresiasi langkah pencermatan bersama yang dilakukan KIP kota Banda Aceh bersama Panwaslih dan Partai Politik serta pihak yang mendukung. Pihaknya berkomitmen membangun pemilu yang baik salah satunya dimulai dengan data pemilih yang akurat.

“Salah satu variabel pemilu yang baik adalah data yang akurat. Kami pastikan data pemilih yang ditetapkan hari ini sama dengan data yang akan ditetapkan di KPU pusat nantinya”, Pungkas Indra. (L/Ap/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)