Komite Dokter Sudan Minta Lebih Banyak Dokter untuk Bantu Rawat Pemrotes Luka

(Twitter)

Khartoum, MINA – Komite Pusat (SCDC) telah meminta para profesional medis di seluruh negeri untuk bergabung dalam upaya merawat pemrotes yang terluka, setelah pasukan keamanan Sudan dengan keras menindak demonstrasi massa pro-demokrasi pada Ahad (19/12).

Ratusan ribu orang di seluruh negeri berbaris menentang pengambilalihan militer 25 Oktober dalam “protes yang menderu, besar-besaran dan megah” pada hari Ahad, kata SCDC kepada The New Arab, Selasa (21/12).

Dua orang tewas dan lebih dari 331 orang terluka setelah pasukan pemimpin militer Abdel Fattah al-Burhan menindak demonstrasi hari Ahad, SCDC mengatakan.

Para pengunjuk rasa menderita luka-luka setelah dihantam peluru karet, granat kejut, tabung gas air mata, tongkat dan batu, kata SCDC.

Komite mengatakan, pihaknya mengantisipasi “lebih banyak kekerasan” yang membuat mereka “bersiap untuk yang terburuk”.

“Kami menyerukan tenaga medis untuk datang ke institusi kesehatan, berkontribusi merawat yang cedera, berjejaring dengan komite lapangan dan keadaan darurat rumah sakit,” kata komite itu dalam tweet publik.

“Banyak pelanggaran dilakukan oleh otoritas kudeta, yang hanya meningkatkan tekad rakyat kami sampai benar-benar digulingkan,” kata mereka di tweet lain.

Setelah protes hari Ahad, korban tewas warga sipil dari protes sekarang menjadi 47 orang, kata SCDC.

Pasukan untuk Kebebasan dan Perubahan (FFC) – sebuah blok sipil yang memimpin protes anti-Bashir pada 2019 – telah mendesak warga Sudan untuk terus menolak kekuatan militer, menyerukan lebih banyak demonstrasi berlangsung pada 25 Desember.

Hari Ahad menandai tiga tahun sejak dimulainya demonstrasi massa yang menyebabkan penggulingan mantan diktator Omar al-Bashir. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.