Komunitas Muslim di San Antonio Sediakan Tes COVID-19 Gratis

Foto (SBG San Antonio)

San Antonio, Texas, MINA – Selama beberapa bulan terakhir, badan amal Islam telah memimpin upaya untuk melindungi komunitas dan membantu mereka yang rentan mengatasi COVID-19.

Di San Antonio, Texas, banyak yang menghadapi ancaman pandemi mematikan tanpa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengujian atau perawatan medis yang tepat.

Dikutip dari AboutIslam pada Rabu (14/10), untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh kaum rentan, Pusat Pendidikan dan Kewarganegaraan Muslim (MCECC) mengatakan mereka akan menjadi tuan rumah tempat pengujian drive-thru COVID-19 gratis, News 4 San Antonio melaporkan.

“Kami telah mengidentifikasi kebutuhan di komunitas kami untuk sementara waktu,” kata Sakib Shaikh, Juru Bicara MCECC.

“Maksud saya, ada beberapa celah (gaps) di komunitas kami. Ada populasi pengungsi yang cukup besar dan kemudian di atas itu ada populasi imigran. Meskipun mereka sangat cerdas, dan pekerja keras, mereka tidak tahu semua tempat, juga tidak mempercayai semua institusi yang mungkin perlu mereka kunjungi,” katanya.

Inisiatif masjid itu untuk menyediakan tes gratis datang di tengah meningkatnya ketakutan komunitas Muslim tentang pandemi virus corona.

“Secara umum, menurut saya datanya sangat jelas dan itu benar-benar fakta sekarang. Itu tidak seperti rumor bahwa ada ketidakadilan kesehatan,” kata Missam Merchant, presiden terpilih dari Asosiasi Perawat India San Antonio.

Menurut laporan Pew Research Center 2014 (Studi Lanskap Keagamaan: Texas), Muslim mewakili 1% dari total populasi Texas  sekitar 28.304.596 juta penduduk.

Ini bukan pertama kalinya komunitas Muslim lokal di San Antonio memberikan dukungan kepada mereka yang rentan.

Pada tahun 2018, Klinik Kesehatan Masyarakat El-Bari menjadi satu-satunya fasilitas kesehatan di kota yang memberikan pelayanan secara gratis.

Dikelola oleh staf sukarelawan yang semuanya Muslim, klinik itu buka hanya pada hari Jumat dan Ahad untuk melayani orang-orang yang membutuhkan di kota. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.