KONFERENSI INTERNASIONAL DUKUNG GAZA DIGELAR DI TURKI

Istanbul, 5 Dzulqa’dah 1435/31 Agustus 2014 (MINA) – Forum internasional untuk mendukung diadakan dua hari di Istanbul, Turki,  di bawah naungan lembaga kemanusiaan Qatar Charity (QC).

Konferensi itu digelar beberapa hari setelah penandatanganan perjanjian gencatan senjata permanen yang mengakhiri 51 hari agresi di Gaza. Demikian Palestinian Information Center (PIC) melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Dalam firum itu, puluhan asosiasi bantuan Arab, Islam dan internasional telah menyatakan niat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Gaza.

Isu yang terkait dengan hancurnya rumah, sektor kesehatan, masjid, serta orang luka-luka, dan pembangunan ekonomi, dan sektor pendidikan dibahas dalam acara tersebut.

Wakil Eksekutif Direktur Qatar Charity, Ebrahim Zainal, mengatakan kepada Quds Press, konferensi tersebut diharapkan menghasilkan rekomendasi dan mekanisme untuk proyek-proyek bantuan mendesak di Gaza.

Sementara itu, Kepala Forum di Inggris, Ziad Aloul, telah memuji peran Turki dalam mendukung masalah Palestina baru-baru ini terutama menjadi tuan rumah konferensi itu dan mengobati puluhan warga Gaza yang terluka selama agresi.

Di sisi lain, ia juga memaparkan, aktivis solidaritas Palestina di Inggris akan meminta parlemen negara itu  untuk menekan pemerintah guna menghentikan kerjasama militer London dengan Tel Aviv dan mengutuk agresi di Gaza.(T/P02/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0