Rusia Gelar Konferensi Tentang Afganistan 26-27 Maret

Foto: Worldbulletin

Moskow, MINA – Kementerian Luar Negeri mengumumkan pada Kamis (15/3), konferensi internasional mengenai Afghanistan akan diadakan pada 26-27 Maret di ibu kota Uzbekistan, Tashkent.

Juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zaharova mengatakan, Menlu Sergey Lavrov akan berpartisipasi dalam konferensi tersebut. Keamanan dan kerja sama regional masuk dalam agenda. Demikian World Bulletin melaporkan.

“Tujuan utama pertemuan tersebut adalah untuk membentuk konsensus internasional yang luas mengenai prinsip-prinsip dasar penyelesaian Afghanistan.  Selain itu juga diupayakan langkah-langkah untuk meterlibatkan Afghanistan dalam kerja sama perdagangan, energi, budaya dan kemanusiaan di Asia Tengah dan sekitarnya,” kata Maria saat berbicara dalam konferensi pers di Moskow.

Menurut Zaharova, Konferensi di Tashkent merupakan bagian dari upaya masyarakat internasional untuk mengakhiri konflik di Afghanistan. Turki juga dijadwalkan hadir dalam konferensi tersebut.

Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah meminta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk mengirim delegasi ke konferensi tersebut dalam pembicaraannya melalui telepon pada Februari lalu. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.