Kongres Bahasa Indonesia ke-XI Akan Dilaksanakan 28-31 Oktober 2018

Jakarta, MINA – Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan Kongres Bahasa Indonesia (KBI) ke-XI  pada 28-31 Oktober 2018 mendatang, bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

KBI tahun 2018 ini mengusung tema “Menjayakan Bahasa dan Sastrawan Indonesia” yang akan dilaksanakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta,” .kata Seno Hartono, Pranata Humas, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, , Senin (13/8), di Jakarta

KBI XI bertujuan untuk menjayakan negara-bangsa Indonesia melalui bahasa dan sastra Indonesia.

Secara khusus, KBI XI membahas peluang dan tantangan dalam pengembangan, pembinaan, perlindungan, pemanfaatan, serta penegakan kebijakan bahasa dan sastra Indonesia untuk membawa negara-bangsa Indonesia berjaya pada era global ini.

“KBI merupakan forum bagi para pencinta dan pemerhati bahasa dan sastra untuk membahas berbagai persoalan kebahasaan dan kesusastraan yang dihadapi saat ini. Selain itu juga melibatkan pakar berbagai bidang ilmu serta penyelenggara pengajaran Bahasa Indonesia untuk orang asing dari berbagai negara, karena itu, forum akbar yang semula merupakan pertemuan nasional kini berkembang menjadi peremuan internasional,” tuturnya.

Adapun sembilan subtema yang akan dibahas pada KBI ini, yaitu; Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Pengutamaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik; Bahasa, Sastra dan Teknologi Informasi; Ragam Bahasa dan Sastra Dalam Berbagai Ranah Kehidupan; Pemetaan dan Kajian Bahasa dan Sastra Daerah; Pengelolaan Bahasa dan Sastra Daerah; Bahasa, Sastra dan Kekuatan Kultural Bangsa Indonesia; Bahasa dan Sastra untuk Strategi dan Diplomasi; Politik dan Perencanaan Bahasa dan Sastra.

KBI ke-X sebelumnya dilaksanakan di Jakarta pada 28-31 Oktober 2013.  (L/R10/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.