Konperensi Perbankan Islam Dunia Akan Umumkan Peringkat Bank Islam

Manama, MINA – Konferensi Perbankan Islam Dunia (WIBC), yang akan diadakan di Bahrain akhir bulan ini, akan mengumumkan peringkat terbaik bank-bank Islam berdasarkan parameter keuangan, kinerja, tata kelola dan tanggungjawab sosial.

Penghargaan Kinerja WIBC 2018 akan diumumkan pada 27 November 2018. IBS Intelegence melaporkan.

0Bank-bank juga akan diberi peringkat berdasarkan skor agregat. Data yang digunakan dalam pembuatan kerangka penilaian telah bersumber dari Indikator Pengembangan Keuangan Islam ICD Thomson Reuters (IFDI) dan Orbis Bank Focus.

Bank yang bersaing untuk “Penghargaan Global” di antaranya Kuwait Finance House (Kuwait), Al Rajhi Bank (Arab Saudi), Jordan Islamic Bank (Jordan), Kuwait International Bank (Kuwait), Boubyan Bank (Kuwait), Ahli United Bank (Kuwait), Bank Warba (Kuwait). Bank Syariah BNI (Indonesia), Maybank Islamic Berhad (Malaysia) dan Dubai Islamic Bank (UAE).

Tahun ini juga akan diberikan penghargaan Tata Kelola & Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility) yang didasarkan pada skor yang dikumpulkan sesuai Indeks CSR dan Indikator Pengembangan Keuangan Islam (IFDI).

Variabel Tata Kelola dan Tanggung Jawab Sosial juga diambil dari database Thomson Reuters.

Pemilihan perbankan Islam terbaik pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, yang bertujuan membantu industri keuangan Islam secara kritis menilai tantangan dan peluang pertumbuhan di lapangan. (T/RS2/P10

Mi’raj News Agency (MINA)