KONSOLIDASIKAN HUBUNGAN, RI-AUSTRALIA GELAR DIALOG 2+2

Jakarta, 24 Jumadil Awal 1434/4 April 2013 (MINA) – Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Australia mengadakan Dialog 2+2, Kamis (3/4) di gedung Kemlu, sebagai upaya memperkokoh konsolidasi hubungan kedua negara, terutama kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan, Pejambon, Jakarta Pusat.

Menlu Marty M. Natalegawa menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers usai Dialog 2+2 di Kemlu, sebagaimana dilaporkan dalam situs resmi kementerian, www.kemlu.go.id.

Dalam Dialog 2+2 itu, Australia diwakili oleh Menlu Bob Carr dan Menhan Stephen Smith.  Menlu Marty Natalegawa mewakili pihak Indonesia bersama Menhan Purnomo Yusgiantoro. 

Sebelumnya keempat tokoh ini pernah melakukan pertemuan pertama Dialog 2+2 pada bulan Maret 2012 di Australia.

“Pada Dialog 2+2 kal ini, para Menlu dan Menhan kedua negara bertukar pikiran mengenai berbagai isu strategis di bidang hubungan luar negeri dan pertahanan, serta upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mendorong peningkatan kerjasama yang efektif dalam menghadapi berbagai tantangan serta memanfaatkan peluang di kawasan maupun global,” kata Marty.

Dialog 2+2 ini, lanjutnya, juga membahas upaya-upaya memperkuat arsitektur regional serta meningkatkan kerjasama di kawasan dan global melalui forum Asean Regional Forum (ARF), East Asia Summit (EAS) dan PBB.

Beberapa kegiatan yang dibahas termasuk rencana penyelenggaraan EAS ‘table top exercise on disaster rapid response’ yang akan diselenggarakan di Padang, Indonesia, pada bulan ini.

Adapun EAS Disaster Rapid Response Workshop akan dilaksanakan di Darwin, Australia, maupun gagasan untuk menyelenggarakan latihan militer bersama di bidang tanggap bencana.

Marty juga menjelaskan para Menteri dalam dialog ini telah membahas upaya-upaya peningkatan kerjasama dalam berbagai aktivitas di luar perang yang dapat memberikan kontribusi terhadap perdamaian,  keamanan serta kesejahteraan di kawasan maupun  global. 

Para Menteri sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama dalam memberantas kejahatan terorisme dan kejahatan lintas batas lainnya serta kejahatan penyelundupan manusia, maupun peningkatan kerjasama di bidang keamanan maritim.

Usai pertemuan di Kemlu, Menlu Bob Carr dan Menhan Stephen Smith melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor Presiden.

Kepada Presiden Yudhoyono keduanya menyampaikan mengenai Dialog 2+2 yang baru saja digelar dan perkembangan situasi kawasan. Disinggung juga tentang rencana pertemuan Presiden RI dengan PM Australia pertengahan tahun ini. (T/P09/R2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0