Konsul Kehormatan RI untuk Palestina Kunjungi Indonesia

Jakarta, 13 Muharram 1438/14 Oktober 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri RI, L. P. Marsudi menerima kunjungan Konsul Kehormatan (Konhor) RI untuk , Maha Abu Shusheh di Jakarta (12/10).

Kunjungan Maha ke ini adalah yang pertama sejak dilantik sebagai Konhor RI oleh Menlu RI di Amman, Yordania, 13 Maret 2016 lalu.

Dalam pertemuan itu, turut hadir 5 pengusaha dan Kuasa Usaha Kedubes Palestina di Jakarta mendampingi Konhor RI dan Dirjen Aspasaf Kemlu RI, Dubes RI untuk Yordania, dan Direktur Timur Tengah mendampingi Retno.

Retno dan Maha membahas peningkatan kerja sama bilateral, terutama di bidang ekonomi, perdagangan dan pariwisata. Palestina menjajaki kerja sama bebas pajak dengan Indonesia, sehingga barang produksi Palestina seperti minyak zaitun dan kurma, yang tidak dihasilkan di Indonesia, bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Pentingnya Investasi di Palestina

Selain itu, Palestina mengharapkan investor Indonesia mau menanamkan modal di bidang IT dan agribisnis agar kaum muda lulusan 6 universitas di Palestina bisa tetap tinggal dan bekerja di tanah air mereka. Lebih banyak kaum muda yang bekerja di tanah Palestina, lebih bagus. Mereka berkeyakinan bahwa tinggal menetap dapat menangkal kebijakan Israel untuk mengusir ataupun mencaplok tanah Palestina. Saat ini, tingkat pengangguran di wilayah Gaza dan Tepi Barat mencapai 40% dan 50%.

Pertemuan juga membahas mengenai potensi kerja sama budaya untuk membangun Rumah Indonesia di Palestina. Lembaga Persahabatan Palestina-Indonesia, yang dibangun dua tahun lalu, dikelola oleh para sukarelawan. Mereka mengusulkan pembukaan kelas bahasa agar kebudayaan Indonesia agar Indonesia makin dikenal. Nama Indonesia makin harum di negara ini terutama sejak Rumah Sakit Indonesia, hasil sumbangan masyarakat Indonesia, diresmikan di Gaza awal tahun 2016 lalu.

Retno menyampaikan bahwa usulan kerja sama dari Palestina akan didalami karena sudah menjadi komitmen Indonesia memberikan bantuan kapasitas bagi warga Palestina, termasuk untuk penguatan perekonomian. Di setiap konferensi internasional mengenai Palestina, Indonesia terus menyuarakan dukungan bagi kemerdekaan Palestina.

Maha memimpin delegasi pengusaha Palestina ke Indonesia dalam rangka mengikuti Indonesia (TEI) 2016 yang diselenggarakan oleh Kemdag RI, 12-16 Oktober di Jakarta. Empatpuluh dua orang pengusaha Palestina ikut dalam rombongan ke Jakarta dan berharap dapat menjalin kesepakatan bisnis dengan pengusaha Indonesia.

Seusai bertemu dengan Menlu Retno, Maha langsung berangkat ke arena TEI guna memimpin pertemuan dengan delegasi KADIN Indonesia Komite Timur Tengah & OKI dalam rangka penguatan kerja sama bilateral di bidang perdagangan dan ekonomi.(T/R04/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.