KONVENSI TAHUNAN ISNA AGENDAKAN “MEMPERKUAT MUSLIM AMERIKA”

foto : On Islam
foto : On Islam

Chicago, 19 Dzulqa’dah 1436/3 September 2015 (MINA) – Sekitar 50.000 ribu orang beragama Islam dari seluruh dan Canada  akan menghadiri Konvensi Tahunan ke 52 dari Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA) selama empat hari mulai Jumat 4/9 di Chicago, dengan agenda utama “Memperkuat di Amerika Utara.”

“Tema tahun ini adalah ‘Cerita Ketahanan: Memperkuat Muslim Amerika Narasi’ dan akan menampilkan cerita dari pahlawan tanpa tanda jasa di masyarakat Islam serta kisah sukses dari keluarga, berbasgai aktivitas masjid dan inisiatif-inisiatif masyarakat muslim,” kata ISNA dalam sebuah pernyataan.

Panitia Penyelenggara, Donald E. Stephens, menjelaskan, konvensi ini adalah salah satu pertemuan Islam terbesar di Amerika Utara sebagaimana dilaporkan On Islam yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

Pada pembukaan juga akan diadakan peluncuran kampanye menyerukan ummat Islam agar inklusif, tidak ekslusif, terintegrasi dengan kelompokj-kelompok lainnya masyarakat ; dan juga akan diluncurkan kampanye “Perempuan-ramah masjid di seluruh Amerika Utara.”

“Tujuan kampanye ini adalah mewujudkan model Nabi dan menyerukan kepada seluruh Masjid agar memastikan perempuan disambut sebagai bagian tidak terpisahkan dari masjid dan didorong untuk menghadiri dalam kegiatan-kegiatan di masjid,” demikian  panitia ISNA untuk agenda “Wanita-ramah masjid.”

Diharapkan perempuan untuk, “aktif berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dari masjid, temasuk ada dalam DKM.”

Konvensi ini juga meliputi acara lokakarya tentang berbagai topik ; Festival Film Islam, Pameran Seni dan Fotografi, Lomba Qira’at Nasional,  Matrimonial Banquet, Fashion Show, Jumpa Penulis, Konsultasi  Kesehatan Islami, bazaar dan pameran dagang diikuti 500 vendor.

Bersamaan dengan konvensi  juga akan digelar program oleh organisasi afiliasi ISNA seperti – Asosiasi Islam Medis Amerika Utara (IMANA), Asosiasi Muslim ilmuwan, insinyur dan Teknologi Profesional (AMSET), Asosiasi Muslim Mahasiswa (MSA) dan Pemuda Muslim Amerika Utara (MYNA).

Sebuah acara yang pertama kali diadakan tahun ini adalah diskusi meja bundar (round table discussion), dengan enam topik yang relevan dengan komunitas Muslim serta permasalahan dan peluang yang dihadapi.

Konvensi tahun ini kembali akan mengadakan acara amal untuk menydiadakan 40.000 paket makanan disertai vitamin dan obatan-obatan, untuk orang-orang yang membutuhkan di seluruh dunia.

Acara amal ini diadakan dalam kemitraan dengan “Stop Kelaparan Sekarang”. Sejak amal ini dimulai pada tahun 1998, badan amal telah memberikan lebih dari 180 juta paket makanan di 65 negara.

ISNA adalah yang terbesar organisasi payung Muslim di Amerika Utara.

Konvensi ISNA empat hari yang pertama diadakan tahun 1963, yang masa itu diselenggarakan oleh cikal-bakal ISNA, yakni Asosiasi Mahasiswa Muslim di Amerika Serikat dan Kanada.

Dari tahun ke tahun konvensi makin menarik hingga mencapai jumlah lebih dari 40.000 Muslim yang hadir setiap tahun. (T/AE/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0