KONVOI BANTUAN KEMANUSIAAN INTERNASIONAL MENUJU GAZA

Gaza, 18 Jumadil Akhir 1435/18 April 2014 (MINA) – Sebuah konvoi bantuan kemanusiaan internasional bernama “Miles of Smiles 26” telah bertolak menuju Jalur Gaza untuk mengirim bantuan bagi warga di wilayah yang diblokade itu.

Menurut ketua konvoi, mereka akan melewati jalur pantai Gaza dan akan sampai di tujuan pada Ahad, 20 April melalui perbatasan Rafah. Demikian laporan Press TV, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Konvoi terdiri dari 30 aktivis dari negara-negara Arab dan Eropa. 

Wakil ketua panitia, Aladdin al-Battah, mengatakan konvoi tersebut membawa bantuan kemanusiaan berupa alat medis dan obat-obatan untuk rumah sakit di Gaza.

Pada 8 Januari 2014 lalu, konvoi serupa “Miles of Smiles 24” tiba di Gaza melalui Rafah, Mesir. Dari 127 aktivis, hanya tujuh orang yang diizinkan masuk ke Gaza.

Selama beberapa tahun terakhir, konvoi Miles of Smiles telah memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina di beberapa wilayah yang diblokade Israel, terutama Gaza.

Sejak Desember 2008 – Januari 2009 saat Israel menyerang Gaza, beberapa konvoi bantuan kemanusiaan juga telah berhasil memasuki kota itu mematahkan blokade Israel.

Sejak 2007 sampai saat ini, Jalur Gaza, mulai di bawah tanah, udara, dan laut berada dalam blokade oleh rezim penjajah Israel.  Pengepungan itu berdampak buruk terhadap situasi kemanusiaan dan ekonomi di wilayah itu, dan mengubahnya menjadi penjara terbesar di dunia.

Sekitar 1,7 juta jiwa rakyat Gaza mengalami penindasan hak-hak dasar mereka seperti kebebasan bergerak, akses untuk bekerja, kesehatan yang memadai, dan pendidikan, semuanya terabaikan.(T/Nidiya/P04/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0