Kota Khiva Uzbekistan Jadi Tuan Rumah Forum Budaya Dunia UNESCO

Pemandangan Kota Khiva, Uzbekistan.(Foto: Wikipedia)

Tashkent, MINA – Forum Budaya Internasional akan diadakan di Kota Khiva, Uzbekistan, dengan dukungan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

UNESCO percaya bahwa forum yang mengambil tema “Asia Tengah di persimpangan peradaban” Ini akan memberikan kesempatan lain untuk mempelajari dan mempromosikan budaya dan warisan bersama di wilayah tersebut.

Menurut siaran pers Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Rabu (17/2), Kota Khiva di Uzbekistan, tempat forum akan berlangsung, adalah salah satu kota tertua di Jalur Sutra.

“Kota itu adalah pusat pendidikan, sains, dan budaya serta berfungsi sebagai persimpangan peradaban selama ribuan tahun, dan kota bagian dalam oase kuno Khiva, Ichan-Kala terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1990,” demikian laporan UN News.

“Ichan-Kala berfungsi sebagai perhentian terakhir bagi kafilah sebelum menyeberangi gurun dalam perjalanan ke Iran.

Kota tersebut diakui sebagai kompleks arsitektur Islam Asia Tengah yang integral dan terpelihara dengan baik, yang meliputi masjid Juma, mausoleum, madrasah, serta istana yang dibangun oleh Allakulikhan pada awal abad ke-19. (T/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)